Unik, Perusahaan Ini Larang Karyawan Gunakan Komputer sambil Duduk

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 19:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 17 207 1738449 unik-perusahaan-ini-larang-karyawan-gunakan-komputer-sambil-duduk-ZH9Hu8JRCd.jpg (Foto: The Asahi Shimbun)

TOKYO – Menatap komputer sembari duduk menjadi pemandangan yang biasa di sebuah kantor. Namun lain halnya dengan salah satu kantor di Jepang, yang melarang karyawannya duduk saat menggunakan komputer.

Dilansir The Asahi Shmbun, Senin (17/7/2017), aturan ini diterapkan oleh Iris Ohyama Inc, yakni produsen peralatan rumah tangga, untuk mendorong karyawannya membuka pikiran dan menjadi lebih kreatif. Konsep ini mulai diperkenalkan pada Juni 2017.

Karyawan yang perlu mengakses komputer harus melakukannya dengan berdiri di meja khusus. Setiap meja dilengkapi dengan standing yang stabil dan dengan beberapa ketinggian yang berbeda.

Meja yang digunakan juga memungkinkan pangguna untuk menekuk sikunya pada sudut 90 derajat saat mereka menekan keyboard.


Kohei Sato (48), manajer departemen pengembangan rumah Iris Ohyama, mengatakan bahwa dia mulai menggunakan meja berdiri pada percobaan dua bulan yang lalu.

Ia mengaku harus mempertimbangkan dengan hati-hati apakah dia benar-benar perlu menggunakan komputer saat ia dengan mudah mengoperasikannya sembari berdiri.

Sato mengatakan bahwa dia sekarang lebih sering menggunakan telefon, dibanding mengirim e-mail untuk menghubungi orang lain, dan menemukan lebih banyak gagasan baru -bukan dengan mencari informasi secara online namun dengan berbicara dengan rekan kerja atau menggambar.

"Saya merasa saya menjadi lebih kreatif, dan sisi positifnya adalah jam lembur saya menjadi lebih sedikit," kata Sato.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini