Gambar NASA Ungkap "Cacing" Aneh di Bawah Mars, Nih Fotonya!

Dini Listiyani, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 04:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 17 56 1738501 gambar-nasa-ungkap-cacing-aneh-di-bawah-mars-nih-fotonya-19ZgRuwGLi.jpg (Foto: NASA)

CALIFORNIA - Sebuah gambar inframerah baru dari NASA’s Mars Reconnaissance Orbiter mengungkapkan bahwa celah seperti cacing menyelimuti dasar kawah misterius di Mars.

Gambar menunjukkan penyebaran fitur yang dikenal sebagai ejecta atau materi yang dilemparkan ke permukaan setelah terkena benturan. Dalam view ini, warna hati menunjukkan adanya batuan dan mineral yang berbeda, termasuk mineral zat besi seperti olivin dan pyroxene.

Badan Antariksa Amerika Serikat NASA menjelaskan bahwa fitur biru mewakili daerah kaya zat besi, sementara warna lebih terang seperti kuning menunjukkan batu telah diubah. Gambar itu diambil menggunakan instrumen HiRISE milik MRO.

Para ahli mengatakan bahwa fitur yang terlihat di kawah yang tak disebutkan namanya di wilayah Mars Mare Serpentis serupa dengan yang terlihat di tempat lain dan bisa membantu menjelaskan material bawah permukaan yang dibuang setelah terjadi benturan.

Ejecta yang terlihat di sini disinyalir berasal dari dua kawah yang tak disebutkan namanya. "Fitur linier ini menunjukkan arah aliran ejecta dari kawah yang tak disebutkan namanya. Oleh karena itu, jika kita mengikuti mereka, kita menemukan bahwa mereka berasal dari dasar dua kawah yang tak disebutkan namanya," kata NASA, yang dikutip dari Daily Mail, Selasa (18/7/2017).

"Jika ejecta berasal dari kawah atas, maka kita akan mengharapkan fitur linier di lokasi gambar kita untuk tren barat laut ke tenggara," lanjutnya.

Batu cair pernah mengalir di sepanjang tepi kawah di wiliyah lain, menciptakan lava multi-level menakjubkan. Sebuah gambar menakjubkan yang diambil oleh NASA’s Mars Reconnaissance Orbiter mengungkapkan struktur luar biasa yang ditinggalkan, di wilayah yang mengingatkan pada Niagara Falls.

Gambar tersebut menunjukkan sekilas di tepi utara kawah sepanjang 19 mil, dengan bukti bahwa aliran lahar pernah mengelilingi wilayah tersebut sampai terjatuh di empat lokasi terpisah untuk turun di dinding.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini