Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WhatsApp dan Telegram Sama-Sama Layanan Pesan Instan, Apa Bedanya?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017 16:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 18 207 1739116 whatsapp-dan-telegram-sama-sama-layanan-pesan-instan-apa-bedanya-mXJ3bHQ5y5.jpg (Foto: Neurogadget)

JAKARTA - Nama Telegram mendadak heboh belakangan ini karena aksi pemblokiran oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Telegram yang merupakan layanan pesan instan tersebut diketahui menjadi sarang teroris untuk menyebarkan propaganda.

Bagi Anda yang masih belum mengenalnya, Telegram sendiri merupakan pesaing WhatsApp yang dibuat oleh dua orang bersaudara asal Rusia, Nikolai dan Pavel Durov. Lantas, apa perbedaan antara-keduanya?

Mengutip dari halaman resmi masing-masing penyedia layanan, berikut perbedaannya yang berhasil dirangkum Okezone.

WhatsApp memiliki fitur penunjang perpesanan seperti berbagi foto, video, dan dokumen lainnya. Selain itu di dalamnya terdapat pula fitur video call serta percakapan grup. Dari awalnya yang bisa menampung 50 orang, kini grup di WhatsApp bisa menampung hingga 256 orang.

Pesan teks yang dikirimkan kepada pengguna lain, bisa ditambahkan dengan emoji serta gambar gerak berupa GIF. Pengguna juga bisa berbagi status serta 'stories' ala Snapchat dengan mengakses menu status.

Sementara itu Telegram, memiliki fungsi yang sama dengan WhatsApp yakni berkirim pesan, multimedia (foto atau video), maupun dokumen lainnya. Perbedaannya ialah terletak pada pengaturan pesan.

Sebab pengguna Telegram bisa menghapus pesan secara otomatis melalui menu Self-Destruct Timer. Selain itu tak hanya berkirim emoji, Telegram juga menyediakan stiker seperti pada LINE.

Perbedaan lainnya yakni terletak pada jumlah anggota di grup chat. Telegram menyediakan kapasitas yang tergolong banyak. Saat ini ruang percakapan yang didukung Telegram bisa diisi hingga 10.000 orang.

Semua pesan yang dikirimkan oleh WhatsApp dan Telegram akan dienkripsi atau dikunci, sehingga orang lain tak bisa mencuri percakapan pribadi maupun kelompok.

(kem)

Berita Terkait

Telegram

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini