nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Telegram vs WhatsApp, Pengamat: Telegram Lebih Aman

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017 20:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 18 207 1739391 telegram-vs-whatsapp-pengamat-telegram-lebih-aman-hN5DsjX5Cz.jpg (Foto: Twenty First Tech)

JAKARTA – Aplikasi Telegram belum lama ini diblokir aksesnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pasalnya, Telegram memuat konten terorisme dan radikalisme.

Salah satu fitur yang menjadi andalan Telegram yakni jaminan keamanan data yang tak mudah dibagikan kepada pengguna lain melalui fitur enkripsi. Namun apakah keamanan milik Telegram lebih baik ketimbang aplikasi pesan lain seperti WhatsApp?

Dijelaskan Praktisi IT Irvan Nasrun, Telegram memang memiliki teknologi enkripsi yang lebih aman ketimbang WhatsApp. Fitur keamanan ini bahkan lebih dulu diterapkan oleh Telegram, sebelum aplikasi milik Mark Zuckerberg.

“Telegram lebih aman dari WhatsApp karena teknologi enkripsinya di atas WA,” kata Irvan kepada Okezone, Selasa (18/7/2017).

Senada dengan Irvan, Pengamat Keamanan Siber, Pratama Persadha, juga menyatakan bahwa enkripsi Telegram lebih kuat dibanding WhatsApp meski keduanya menggunakan penyandian end to end user.

“Dua-duanya menggunakan penyandian end to end user, tapi dari kekuatan algoritma enkripsinya, lebih kuat Telegram,” terangnya.

Fitur enkripsi pada Telegram bahkan hampir tidak mungkin diketahui oleh pengguna lain karena kunci untuk membuka pesan setiap pengguna berbeda-beda.

Meski menggunakan keamanan enkripsi, lanjutnya, pesan atau data pengguna tersimpan di server pemilik layanan. Lain halnya dengan Telegram yang memiliki fitur unggulan lain yakni Secret Chat. Secret Chat memungkinkan pesan tidak tersimpan di server mereka, namun tersimpan pada device pengguna.

“Kalau kita mengaktifkan secret chat, pesan tidak tersimpan di server mereka, tapi di device masing-masing user,” jelas Pratama.

Tak hanya itu, Telegram juga memiliki fitur automatic message destruction yang mampu mengatur durasi pesan untuk dihapus secara otomatis pada device yang melakukan komunikasi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini