Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! Giliran WhatsApp Diblokir di China

Dini Listiyani, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 19 207 1739800 waduh-giliran-whatsapp-diblokir-di-china-dF1dAUVsmI.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kisah blokir-memblokir rupanya sedang mengahantui layanan pesan aplikasi. Setelah Telegram dilarang di Indonesia, kini giliran China yang mengambil langkah serupa, namun langkah itu ditujukan ke WhatsApp.

Pengguna WhatsApp di China mengalami masalah dalam menggunakan aplikasi untuk mengirim foto, video, dan terkadang teks. Menurut New York Times, analis keamanan mengonfirmasi bahwa itu tindakan tersebut dilakukan oleh Pemerintah China.

Memblokir parsial aplikasi pesan milik Facebook (WhatsApp) bisa berarti larangan penuh aplikasi secara keseluruhan di China atau larangan tersebut bisa dicabut di kemudian hari.

Dalam beberapa bulan terakhir, berita penyensoran terus mengalir dari China, termasuk ia memaksa tiga situs utama China yakni Sina Weibo, iFeng, dan ACFUN untuk menghentikan streaming video dan konten audio yang tak sesuai.

Menurut China’s State Administration of Press, Publication, Radio, Film, and Television (SAPPRFT) bahwa ketiga situs tersebut tak memiliki lisensi untuk melakukan streaming konten.

Financial Times menunjukkan bahwa Sina Weibo berinvestasi di situs video streaming pada November dan mengandalkan iklan live stream untuk menghasilkan uang. Meski demikian, Sina Weibo tetap saja menjadi sorotan pemerintah China seperti platform lain yang beroperasi di China.

Disitat laman The Verge, Rabu (19/7/2017) penyensoran penuh WhatsApp akan membantu bisnis asli China WeChat, yang sudah menjadi pilihan populer di China. Sementara itu, Facebook sendiri dilaporkan belum memberikan tanggapannya. (din)

(kem)

Berita Terkait

WhatsApp

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini