Waduh, Ingin Kuasai Pasar Smartphone, Google Sematkan Aplikasi di iOS

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 19 207 1739977 waduh-ingin-kuasai-pasar-smartphone-google-sematkan-aplikasi-di-ios-H0yWVmRAO3.jpeg Foto : Reuters

CUPERTINO – Asisten suara milik Google tampaknya tidak terlalu populer pada pengguna iPhone. Belum lama Google Voice Assistant versi iOS telah diunduh sekira 300.000 kali sejak diluncurkannya dua bulan lalu menurut data dari perusahaan analisis, App Annie.

Namun, terdapat data yang berbeda ketika dianalisis oleh Sensor Tower, mereka mengatakan aplikasi tersebut hanya mengumpulkan 190.000 unduhan di iOS mulai dari Jumat, 14 Juli. Sejauh ini, Google hanya membuat Voice Assistant itu sebagai aplikasi mandiri di perangkat iOS pada Mei dan hanya tersedia di Amerika Serikat (AS).

Google menolak berkomentar mengenai bagaimana Assistant bekerja pada iOS. Namun dirasa, jika pengguna iPhone menggunakan Google Voice Assistant, mereka perlu membuka aplikasinya, tentu ini tidak lebih praktis dibanding menggunakan Siri. Sementara, Siri dapat diakses kapan saja dengan hanya menekan tombol ‘home’ atau mengatakan ‘Hey Siri’.

Diklaim tujuan Google menyematkan aplikasi Google Voice Assistant adalah untuk membuat pengguna iOS yang tidak memiliki perangkat Android dapat merasakan Assistant Google yang terintegrasi pada tingkat yang lebih dalam. Tujuan Google bersama Assistant juga untuk menguasai pasar smartphone yang ada di seluruh dunia, serta memungkinkan pengembang untuk membangun Google Assistant ke perangkat cerdas lainnya pada awal 2017.

Juru bicara App Annie mengatakan bahwa tokoh dan pola unduhan Google Assistant serupa dengan Google Allo, aplikasi obrolan Assistant yang dibantu Google untuk meluncurkan sedikit keamanan pada iOS.

Sensor Tower mematok Assistant sebagai aplikasi Google yang paling banyak diunduh untuk iPhone di AS sejak diluncurkan. Aplikasi ini rata-rata memiliki 1.000 sampai 2.000 unduhan per hari sejak minggu kedua Juni.

Studi sebelumnya mengatakan, bahwa Google Voice Assistant lebih berpengetahuan dibanding Siri atau Alexa Amazon. Meskipun setiap Assistant suara pasti memiliki masalah dengan kendala dan kemampuan dari waktu ke waktu, tapi sepertinya Assistant tidak terlihat seperti itu. Demikian dinukil dari Business Insider, Rabu (19/7/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini