Wow! Rupanya Warna Berpengaruh terhadap Kehidupan Manusia dalam Penjelasan Alquran dan Sains

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 19 56 1740259 wow-rupanya-warna-berpengaruh-terhadap-kehidupan-manusia-dalam-penjelasan-alquran-dan-sains-Jk6Zhv0yD5.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Warna memiliki pengaruh terhadap kehidupan dan perasaan manusia. Penelitian sains telah membuktikan hal itu mengenai warna yang memiliki pengaruh terhadap kejiwaan seseorang.

Buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah mengungkapkan, para ahli jiwa berhasil mengungkap bahwa satu-satunya warna yang dapat mendatangkan kebahagiaan pada diri seseorang adalah warna hijau. Alquran menyebutkan beberapa kali mengenai warna hijau.

"Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya dan tempat istirahat yang indah," bunyi Surah Al Kahf Ayat 31.

"Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah," Surah Ar Rahman Ayat 76.

"Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih," Surah Al-Insan Ayat 21.

Inilah yang menafsirkan hikmah Allah di balik penciptaan tumbuhan, pepohonan, dan hutan dengan warna hijau. Oleh sebab itu, pakaian para ahli bedah dipilih berwarna hijau.

Ketika akan dioperasi, pasien diharapkan dapat merasakan kebahagiaan saat melihat warna hijau. Selain hijau, warna kuning juga mendorong sistem saraf manusia.

Oleh sebab itu, rambu-rambu jalan raya sebagian besar memakai warna kuning. Warna ini memiliki gelombang yang lebih panjang daripada warna lainnya.

Sedangkan warna ungu bisa mendatangkan ketenangan, warna biru membawa nuansa yang luas, lapang, dan dingin. Sementara warna merah dan berbagai turunannya memberikan kehangatan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini