Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

One Plus Akhirnya Akui Reboot ke 911 adalah Kesalahan, Kok Bisa?

Afriani Susanti , Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 20:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 20 57 1740877 one-plus-akhirnya-akui-reboot-ke-911-adalah-kesalahan-kok-bisa-tXG2sZEDLP.jpg Foto: Dok. BBC

CHINA – Jika seseorang dalam keadaan darurat, biasanya mereka akan langsung mengontak nomor darurat seperti 911 yang berlaku di kawasan Amerika Serikat. Atau pun menghubungi ke nomor 112 bagi mereka yang ada di kawasan Eropa.

Namun bagaimana jika kejadian menghubungi pihak emergency justru dilakukan karena sebuah kesalahan ponsel? Hal inilah yang terjadi pada ponsel keluaran terbaru dari OnePlus 5. Ponsel tersebut terjangkit bug sehingga menyebabkan ponsel tersebut melakukan panggilan ke nomor 911.

Dinukil dari lama BBC, OnePlus 5 sendiri resmi diluncurkan pada Juni 2017. OnePlus juga mengatakan bahwa akan mendistribusikakn update software untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Beberapa kontributor menambahkan mereka mendapatkan pengalaman dengan masalah yang sama sebelumnya. Ponsel mereka tersebut tiba-tiba restart dan memanggil nomor 911.

Beberapa bahkan ada yang mengatakan bahwa kesalahan tersebut terjadi karena kesalahan sendiri bisa mengorbankan nyawa. Dalam keterangan resmi, OnePlus memberikan pernyataan.

“Kami telah berkomunikasi langsung dengan pelanggan kamu dan menguji update software mengenai isu tersebut,” jelasnya.

Selain itu, pihak OnePlus juga akan memperbaiki software yang menyebabkan masalah tersebut dengan secepat mungkin. “Kami akan meluncurkan update software secepatnya,” ungkapnya.

Sebagai informasi, peristiwa yang terjadi pada ponsel OnePlus 5 ini merupakan bug. Bug ini sendiri kerap menjangkit berbagai perangkat, salah satunya adalah smartphone. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, arti bug adalah serangga pengganggu.

Bahkan bug paling berbahaya pernah ditemukan pada Android 5 da Android 5.1. Hal tersebut tentu merugikan mengingat banyaknya pengguna smartphone pada masyarakat modern sekarang ini.

Ada beberapa bug yang paling berbahaya pada Android. Salah satunya yakni bernama Stagefright. Bug itu sendiri ditemukan oleh perusahaan keamaan yakni Zimperium yang juga diteliti oleh perusahaan software asal Israel yakni NorthBit.

Hal itulah yang terjadi pada ponsel OnePlus 5. Salah satu pengguna sempat berkicau di media sosial Twitter tentang seragan tersebut yang menjaring ponselnya.

“Saya telah menelefon OnePlus 5 saya ke 911 kemarin. Untuk kedua kalinya, ponsel saya terkena reboot,” ujar Seattle_Horn. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini