Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ikuti Jejak Google, Amazon Sematkan Alexa pada Smartphone

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017 13:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 21 207 1741304 ikuti-jejak-google-amazon-sematkan-alexa-pada-smartphone-wL1hAuJzwT.jpg Ilustrasi Foto : CNET

WASHINGTON – Beberapa bulan lalu, Amazon mengumumkan bahwa kemampuan yang dimiliki oleh asisten digital Alexa telah berlipat ganda. Kini perusahaan tersebut kembali mengumumkan bahwa kemampuan Alexa telah merambah di perangkat smartphone.

Sebelumnya, karena Alexa sebagian besar terbatas pada perangkat keras perusahaan itu sendiri, baru-baru ini ia juga telah bermitra dengan OEM lain untuk mengintegrasikan Alexa ke produk mereka. Kini kabarnya Alexa akan tersedia di semua smartphone Android. Amazon mengintegrasikan Alexa ke aplikasi utamanya untuk Android.

Bulan lalu, Amazon juga melakukan hal yang sama untuk pengguna iOS. Ini akan membawa Alexa ke khalayak yang lebih luas dengan mengintegrasikan asisten ke aplikasi belanja utamanya. Pada saat itu, hanya dikatakan bahwa pengguna Android juga akan mendapatkan Alexa di dalam aplikasi Amazon mendatang.

Pengguna dapat memanfaatkan integrasi Alexa secara maksimal pada handset Android mereka. Tak hanya itu, pengguna juga bisa menanyakan cuaca, berita, dan masih banyak lagi.

Pengguna Android juga dapat menggunakan berbagai keterampilan yang memungkinkan Alexa untuk melakukan tugas seperti music streaming, memanggil layanan transportasi, dan juga memesan makanan.

Meski Amazon belum membuat pengumuman resmi tentang Alexa untuk aplikasi Android-nya, namun perusahaan tersebut telah mengonfirmasi bahwa pihaknya akan meluncurkan integrasi pada akhir pekan ini.

Sebenarnya, Amazon sudah memiliki aplikasi Alexa yakni standalone yang juga tersedia untuk perangkat Android, namun dengan mengintegrasikan asisten ke aplikasi belanja, utamanya akan memungkinkan perusahaan menjangkau khalayak yang jauh lebih besar.

Namun, jika dibandingkan dengan Google Assistant, kemampuan Alexa terpaut sangat jauh. Saat ini, asisten digital buatan Google itu masih memiliki 378 kemampuan. Bahkan, Cortana buatan Microsoft hanya memiliki 65 kemampuan. Lantas bagaimana Alexa bisa mendapatkan jumlah sebanyak itu?

Pencapaian 15.000 kemampuan yang dimiliki Alexa diraih pada Juni 2017. Peningkatan kemampuan baru dari jumlah sebelumnya yakni sebesar 23%. Alexa dikatakan mendapat kemampuan baru setiap harinya. Hal itu didukung oleh jumlahnya di pasaran yang cukup mendominasi. Saat ini saja, perangkat yang menggunakan Alexa telah mencapai 70% di pasaran. Demikian dilansir Ubergizmo, Jumat (21/7/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini