Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tepuk Tangan! Selamat Hari Anak

Fellix Aditya, Jurnalis · Senin 24 Juli 2017 11:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 24 207 1742645 tepuk-tangan-selamat-hari-anak-JKuoH9uu9t.jpg (Foto/Ilustrasi: Twitter Kemenhub RI)

JAKARTA – Ucapan Selamat Hari Anak Nasional masih menggema di Twitter dan masih berada pada posisi puncak trending topic Indonesia di situs tersebut. Cuitan mengenai ucapan Hari Anak Nasional ini telah di-posting lebih dari 22.700 kali. Hari Anak Nasional ini sebenarnya dirayakan tiap 23 Juli, namun antusiasme netizen dalam memperingati Hari Anak Nasional ini membuatnya masih berada pada posisi puncak trending topic Indonesia.

Hari Anak Nasional di Indonesia memang selalu diperingati pada 23 Juli tiap tahunnya, sedangkan Hari Anak secara universal diperingati tiap 20 November. Tanggal tersebut diumumkan oleh PBB sebagai hari anak-anak sedunia.

Organisasi anak-anak yang berada di bawah naungan PBB yakni UNICEF diketahui menyelenggarakan Hari Anak pertama kali pada Oktober 1953. Namun, pada 14 Desember 1954 majelis umum PBB dalam sebuah resolusi mengumumkan bahwa ada satu hari yang akan diperingati sebagai hari anak sedunia, yakni tanggal 20 November.

Dalam pesannya dikatakan bahwa tiap negara berhak memperingati Hari Anak tersebut pada tanggal yang berbeda dikarenakan peringatan Hari Anak ini memiliki tujuan yang sama yaitu menghormati hak-hak anak di seluruh belahan dunia.

Indonesia menetapkan 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional yang sesuai dengan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19  Juli 1984. Kala itu, presiden yang menjabat adalah Presiden Soeharto.

Sejarah hari anak nasional ini bermula dari gagasan Presiden Soeharto yang melihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa. Hingga akhirnya dibuat peraturan untuk melindungi anak-anak dan juga dibentuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) guna melakukan pengawasan pelaksanaan upaya perlindungan anak yang dilakukan oleh institusi negara serta melakukan investigasi terhadap pelanggaran hak anak.

KPAI sendiri juga dapat memberikan saran dan masukan secara langsung kepada presiden mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan berkaitan dengan perlindungan anak.

‘Selamat Hari Anak Nasional’ yang menggema di media sosial berlogo burung ini berisi beragam cuitan dari para netizen. Selain itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) juga turut menyampaikannya di akun Twitter resmi miliknya.

“Belajar itu penting, bermain juga penting. Anak2 jadi ceria & mudah beradaptasi dengan lingkungan. Selamat Hari Anak Nasional –Jkw,” tulis Presiden Jokowi dengan nama akun @jokowi

“Selamat hari anak nasional. Memberikan kesempatan mereka utk mengembangkan potensi diri adalah hak mereka #HAN,” tulis @justArsyad.

“Anak adalah Anugrah, Amanah & titipan dari Tuhan yg harus kita jaga, rawat & besarkan dengan baik. Selamat Hari Anak Nasional 2017,” tulis @kangdede78.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini