Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bersih-Bersih! #PesonaRinjaniBersih Jadi Trending Topic di Twitter

Fellix Aditya, Jurnalis · Senin 24 Juli 2017 17:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 24 207 1742827 bersih-bersih-pesonarinjanibersih-jadi-trending-topic-di-twitter-XMx9MRBL3F.jpg (Foto/Ilustrasi: Twitter, Herma Suhaini)

JAKARTA – Kegiatan mendaki gunung kini telah digemari oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Bahkan mereka yang tidak punya pengalaman dalam hal mendaki pun turut serta mengikuti hobi atau tren mendaki gunung ini.

Meskipun minat dalam mendaki gunung semakin tinggi, tidak membuat para pelaku pendaki gunung ini mengerti akan hal-hal umum yang tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung, misalnya adalah tidak membuang sampah sembarangan. Membuang sampah sembarangan sangat dilarang di mana pun terutama di gunung yang alamnya harus dijaga bersama terutama para pendaki.

Julukan pencinta alam untuk para pendaki gunung yang berniat untuk menikmati alamnya tercoreng dengan para pelaku yang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan di wilayah pendakian seperti ini.

Gunung yang cukup banyak diminati untuk dijadikan tempat pendakian adalah Gunung Rinjani. Namun karena banyaknya minat para pendaki untuk mendaki gunung tersebut, membuat kawasan tersebut menjadi kotor akibat sampah yang dibuang sembarngan oleh para pendaki. Oleh sebab itu, hari ini diadakan kegiatan bersih-bersih yang dilakukan dikawasan Gunung Rinjani agar kawasan tersebut dapat menjadi indah seperti sediakala.

Diketahui berbagai kelompok dan sukarelawan turut serta dalam proses bersih-bersih di kawasan sekitar Gunung Rinjani ini. Di antaranya adalah TNGR dan Dispar. Mereka dibekali dengan trashbag untuk digunakan membawa sampah sekembalinya dari pendakian.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung Rinjani sebagai salah satu destinasi prioritas di Nusa Tenggara Barat.

Hingga saat ini hashtag #PesonaRinjaniBersih telah menempati posisi trending topic Indonesia nomor dua di situs jejaring sosial dengan khas berwarna biru muda tersebut. Netizen pun ramai-ramai memberikan komentar dan tanggapannya melalui akun Twitter pribadi mereka.

“Masalah sampah rinjani itu tanggung jawab bersama, tanggungjawab kita kepada Alam, wujud cinta kita atas ciptaanNya #PesonaRinjaniBersih,” tulis @LinaWiati

“Masalah sampah sering menjadi momok bagi destinasi termasuk Rinjani ayo gaes kita jaga rinjani #PesonaRinjaniBersih,” tulis @erzhalphotowork

“Rinjani bukan gunung sampah, melainkan gunung dg pesona keindahan yang luarbiasa #PesonaRinjaniBersih.”

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini