Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantap! Salip Firefox, Google Chrome Rajai Browser di Mobile dan Desktop

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 26 Juli 2017 08:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 25 207 1743622 mantap-salip-firefox-google-chrome-rajai-browser-di-mobile-dan-desktop-BLA3RjJTcp.jpg (Foto: Digital Trends)

JAKARTA – Di tengah banyaknya aplikasi browser yang tersedia di pasaran, Firefox, Safari, dan Opera masih belum bisa menandingi jumlah pengguna Google Chrome. Padahal dengan terbukanya persaingan, seharusnya bisa menekan laju pertumbuhan pengguna Chrome.

Meski demikian, sebagaimana diungkapkan Business Insider, Rabu (26/7/2017), Chrome masih memiliki keuntungan. browser buatan Google itu telah terpasang secara default (bawaan) pada smartphone Android yang kini menguasai pasar OS smartphone.

Maka, tak heran jika Google Chrome mampu menguasai pangsa pasar browser di perangkat mobile. Seperti yang diketahui dari data terbaru Statista dalam survei StatCounter berikut ini.

Baca juga: Browser Safari Terbaru Lebih Ngebut dari Chrome dan Firefox

Data tersebut diambil pada Juni 2017 untuk mengetahui pangsa pasar browser secara global. Hasilnya, menempatkan Google Chrome pada posisi puncak. Browser tersebut mendapat pangsa paling besar di perangkat mobile sebesar 47,3%, meninggalkan dua kompetitornya Safari (21,2%) dan UC Browser (14,6%).

Di perangkat desktop, Google Chrome masih unggul jauh di antara browser lainnya seperti Firefox dan Internet Explorer. Chrome memiliki pangsa pasar 63,2%, sedangkan Firefox dan Internet Explorer menduduki peringkat kedua dan ketiga dengan masing-masing pangsa pasar 14,0% dan 9,3%.

Secara keseluruhan, Google Chrome menguasai lebih dari setengah populasi browser secara global yakni 53,92%. Sementara itu, browser buatan Apple, Safari, menempel di posisi kedua dengan perolehan pengguna sebanyak 14,39%.

Baca juga: Firefox Focus Meluncur ke Android

Kemudian, di bawahnya terdapat UC Browser (8,58%) dan Firefox (5,93%) yang berada di urutan ketiga dan keempat. Menariknya, browser Opera berada di bawah Internet Explorer dengan selisih yang cukup tipis yakni 3,93% (IE) dan 3,83% (Opera).

Sementara itu, browser terbaru Microsoft, Edge, saat ini masih memiliki pangsa pasar di bawah 5% yakni 1,75% secara global.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini