Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekspansi Bisnis, Foxconn Segera Umbar Rencana Pembangunan Pabrik di AS

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 17:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 25 207 1743703 ekspansi-bisnis-foxconn-segera-umbar-rencana-pembangunan-pabrik-di-as-2Yvu9n89I6.jpg (Foto: Cultofmac)

TAIPEI – Perusahaan perancang perangkat Apple, Foxconn kemungkinan akan mengumumkan rencananya untuk memproduksi peralatan elektronik di Amerika Serikat (AS) pekan ini di Washington DC. Seperti diketahui, perusahaan asal Taiwan itu berencana untuk membangun pabrik di AS, khususnya di Detroit dan Wisconsin.

Tak diketahui apakah Apple akan turut berperan atau tidak dalam rencana Foxconn tersebut.

Mengutip orang-orang yang mengetahui rencana perusahaan tersebut, The Wall Street Journal melaporkan bahwa Foxconn bisa mengadakan sebuah acara di ibu kota negara tersebut pada pekan ini untuk menjelaskan lebih lanjut rencana investasinya di AS.

Jika informasi ini akurat, pengumuman Foxconn tersebut akan terjadi hanya beberapa hari setelah Presiden Donald Trump mengadakan pekan ‘Made in America’, yang menampilkan produk dari seluruh 50 negara bagian yang ditampilkan di dalam dan di luar gedung putih.

Pabrik di Wisconsin yang dicanangkan Foxconn kemungkinan tidak akan berlaku bagi Apple. Beberapa rumor menyebutkan fasilitas tersebut akan digunakan untuk merancang panel display untuk televisi besar.

Baca: Diam-Diam Foxconn Bakal Bangun Pabrik di Wisconsin

Namun, pabrik Foxconn di Detroit berpotensi melibatkan produksi atau part produksi Apple.

Chairman Foxconn, Terry Gou, telah mengindikasikan bahwa perusahaannya sedang merencanakan sejumlah investasi di AS. Sejak saat itu perusahaan telah merinci secara spesifik yaitu hanya menyediakan daftar negara-negara yang potensial untuk didirikan toko.

Gou bertemu dengan Trump awal pada 2017. Keduanya dikatakan telah membahas penciptaan lapangan kerja, penjualan bisnis chip memori Toshiba dan investasi di AS.

Baca juga: Bos Foxconn Umbar Rencana Investasi di AS

Meski Apple melakukan diversifikasi rantai pasokannya dengan berbagai perusahaan pembuat komponen dan perakit perangkat elektronik, Foxconn merupakan mitra rantai pasokan pembuat iPhone yang paling penting. Foxconn mennagani sebagian besar produksi untuk berbagai produk Apple termasuk iPhone, iPad, dan Mac.

Sejauh ini, Foxconn merakit berbagai perangkat Apple itu di pabriknya yang berlokasi di China. Salah satu alasan utama membangun manufaktur di negara lain seperti China adalah bahwa harganya cenderung lebih murah dibanding kembali di negara bagian.

Artinya, marjin keuntungan yang didapat perusahaan juga akan lebih tinggi. Namun dengan mulai dibangunnya pabrik Foxconn di AS tentunya akan memiliki dampak bagi bisnis Apple, meski dampak tersebut belum diketahui secara rinci. Demikian seperti dilansir Apple Insider, Selasa (25/7/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini