Wow, Giliran Uber Akan Terima Miliaran Dolar dari SoftBank

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 26 Juli 2017 10:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 26 207 1744072 wow-giliran-uber-akan-terima-miliaran-dolar-dari-softbank-BVj2TOrvwE.jpg (Foto: Tech Crunch)

JAKARTA - Setelah mengucurkan dana senilai USD2 miliar ke Grab bersama Didi, SoftBank dilaporkan siap berinvestasi ke saingannya asal Amerika Serikat, Uber.

Wall Street Journal mengklaim bahwa SoftBank telah memiliki pendekatan bersama Uber dengan nilai kesepakatan yang diperkirakan mencapai miliaran dolar dalam bentuk saham, demikian diwartakan Tech Crunch, Rabu (26/7/2017).

Saat ini Uber diketahui telah mendapatkan dana segar sekira USD12 miliar dari beberapa investor. Valuasi nilai perusahaan pun kini telah mencapai di atas USD60 miliar.

Namun pihak Uber menolak untuk berkomentar saat menerima informasi tersebut. Sementara itu SoftBank masih belum merespons.

Baca juga: Mantap! Investor Asing Mulai Lirik Startup Tanah Air, Kok Bisa?

Sebelumnya Bloomberg melaporkan bahwa SoftBank pada awal Juli tengah berencana untuk mengambil alih saham milik investor Uber. Hal itu berkaitan dengan masa depan Uber sepeninggal CEO Travis Kalanick, VP Senior Emil Michael, dan lainnya.

Sementara berdasarkan laporan lainnya, kucuran investasi baik dalam bentuk saham atau dana segar pada Uber akan terjadi setelah adanya penunjukkan CEO baru. Sedangkan proses transisi kepemimpinan di Uber saat ini masih berlangsung.

SoftBank sebelumnya telah mengucurkan dana pada perusahaan transportasi online asal Singapura, Grab, bersama Didi senilai USD2 miliar. Menurut Tech in Asia, dana yang dikucurkan SoftBank dan Didi tersebut merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Baca juga: Startup Indonesia Dapat Kucuran Dana USD10 Juta

Tak hanya dari SoftBank dan Didi, Grab juga diperkirakan bakal menerima dana tambahan senilai USD500 juta dari investor lama maupun baru. Dengan demikian total pendanaan yang diterima Grab mencapai USD2,5 miliar.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini