Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Apple Akan Bangun Tiga Pabrik Megah di Amerika Serikat

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 26 Juli 2017 12:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 26 207 1744111 keren-apple-akan-bangun-tiga-pabrik-megah-di-amerika-serikat-dvbm3Q1JOS.jpg (Foto: The Technews)

JAKARTA - Apple dikabarkan akan membangun pabrik megah di Amerika Serikat. Informasi ini dikatakan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang telah melakukan pembicaraan dengan CEO Apple, Tim Cook.

Tak tanggung-tanggung pabrik yang akan dibangun Apple berjumlah tiga. Trump mengatakan jika perusahaan tersebut akan membangun pabrik yang besar dan indah. "Tiga pabrik besar, pabrik yang indah," kata Trump dikutip dari Phone Arena, Rabu (26/7/2017).

"Saya berbicara kepadanya (Tim Cook). Dia berjanji kepada saya (akan membangun) tiga pabrik besar. Sangat besar. Saya katakan, Tim kalau Anda tak membangun pabrik di sini saya tak bisa perkirakan adminsitrasi dan ekonomi (AS) akan sukses," ungkapnya.

"Ia (Tim Cook) menghubungi saya dan mengatakan mereka akan melangkah maju," Trump melanjutkan.

Baca juga: Nih! Apple Akan Buat Layar OLED Demi Kurangi Ketergantungan pada Samsung

Sayangnya ia tak mengatakan detail pembangunan pabrik tersebut. Sehingga belum diketahui kapasitas dan lokasi dari ketiga pabrik Apple. Meski demikian, Apple mengatakan mendukung dua juta lahan pekerjaan termasuk 80.000 karyawan di Amerika Serikat yang mengerjakan pengembangan aplikasi dan lain-lain.

Selama ini Apple diketahui mengandalkan perusahaan perakit untuk membuat perangkat Mac, iPhone, dan iPad. Perusahaan asal California tersebut bekerja sama dengan pemanufaktur asal China seperti Foxconn dan Pegatron. Apple hanya memiliki satu pabrik mandiri yang berada di Irlandia.

Namun Presiden Trump mengatakan bahwa Foxconn akan membangun pabrik di kawasan Wisconsin. Hanya saja pabrik itu diprediksi bakal menjadi rumah pembuatan untuk panel layar televisi dan tak berkaitan dengan perakitan produk Apple.

Sebelumnya Apple juga sempat dikabarkan akan berinvestasi di layar OLED. Apple telah membeli sejumlah mesin chemical vapor deposition (CVD) yang digunakan untuk membuat panel layar OLED.

Baca juga: Siapkan Pesaing Samsung, Apple Sewakan Alat Produksi untuk Pemasok iPhone 8

Diperkirakan produksi OLED tersebut untuk mempersiapkan pembuatan smartphone iPhone baru di 2018. Rencana ini bakal mengubah semua layar LCD Apple ke OLED. Selain itu, hal ini juga dilakukan demi mengurangi ketergantungan Apple terhadap layar bikinan Samsung.

Meski demikian, kabar pembuatan layar OLED oleh Apple itu tampaknya tak berkaitan dengan rencananya untuk membangun tiga pabrik di 'kandang' sendiri, Amerika Serikat. Sebab, investasi layar OLED Apple akan berlangsung di Taiwan.

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini