Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sah! Foxconn akan Bangun Pabrik di AS Senilai Rp133 Triliun

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 27 Juli 2017 14:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 27 207 1744949 sah-foxconn-akan-bangun-pabrik-di-as-senilai-rp133-triliun-CEUO7AUIbM.jpg (Foto: Reuters)

TAIPEI – Belum lama ini dikabarkan bahwa Foxconn akan segera mengumumkan rencana pembangunan pabriknya di Amerika Serikat (AS). Rupanya tak menunggu lama, Foxconn akhirnya mengumumkan rencana untuk membangun panel layar senilai USD10 miliar di Wincosin.

Perusahaan asal Taiwan tersebut mengatakan berencana menginvestasikan USD10 miliar atau sekira Rp133 triliun selama empat tahun untuk membangun pabrik seluas 20 juta kaki persegi. Pabrik tersebut dikatakan akan mampu mempekerjakan hingga 13.000 karyawan.

Trump menyanjung Chairman Foxconn, Terry Gou pada sebuah acara di Gedung Putih dengan mengatakan, “Jika saya tidak terpilih, dia pasti tidak akan mengeluarkan USD10 miliar... Ini adalah hari yang menyenangkan bagi Amerika.”

Sementara itu, Gubernur Wisconsin, Scott Walker, mengatakan di Gedung Putih, negaranya akan memberikan insentif sebesar USD3 miliar dan menandatangani sebuah nota kesepakatan mengenai investasi tersebut pada Kamis (27/7/2017) waktu setempat.

Baca: Ekspansi Bisnis, Foxconn Segera Umbar Rencana Pembangunan Pabrik di AS

Walker mengatakan kepada wartawan bahwa legislatif negara bagian perlu menyetujui paket insentif senilai USD3 miliar. Sekira setengahnya ditujukan untuk biaya modal dan hampir sebagian lainnya untuk pengembangan tenaga kerja. Selain itu, ada juga beberapa insentif pembebasan pajak penjualan.

Foxconn mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa investasinya tersebut menandakan dimulainya serangkaian investasi Foxconn dalam manufaktur di AS untuk tahun-tahun mendatang. Namun, Foxconn memiliki catatan yang menindaklanjuti janjinya untuk menciptakan lapangan kerja baru di AS.

Pada 2013, Foxconn mengatakan akan menginvestasikan USD30 juta dan mempekerjakan 500 pekerja untuk sebuah pabrik baru di Pennsylvania, namun fasilitas itu tak kunjung usai. Foxconn juga memiliki operasional kecil lain di Pennsylvania.

Pemasok utama Apple ini juga mengatakan pada bulan lalu bahwa pihaknya berencana menginvestasikan lebih dari USD10 miliar untuk pabrik pembuat display-nya di AS.


Disampaikan beberapa pejabat, insentif pajak Wisconsin akan diberikan lebih dari 20 tahun jika Foxconn memenuhi target perekrutan. Walker mengatakan bahwa pabrik itu merupakan proyek pembangunan ekonomi terbesar dalam sejarahnya.

Pada April, disampaikan Kepala Staf Gedung Putih Reince Priebus, Trump berada di Marine One, di atas Kenosha, Wisconsin, dan melihat lokasi bekas pabrik Chrysler. "Presiden mengatakan bahwa saya tahu tempat yang baik untuk dikunjungi - tempat di Kenosha," ujar Priebus.

Baca juga: Bos Foxconn Umbar Rencana Investasi di AS


Foxconn juga tengah mempertimbangkan beberapa lokasi di tenggara Wisconsin dan akan segera mengumumkannya, seperti disampaikan Walker. Tai Jeng-wu, CEO unit Foxconn Jepang, Sharp Corp mengatakan pada bulan Juni bahwa enam negara bagian A.S. sedang dievaluasi untuk lokasi pabrik yang memungkinkan untuk pembuatan display.

Seperti diketahui, Trump telah meminta perusahaan untuk membangun lebih banyak produk di AS dan membuka pabrik tambahan. Belum lama ini, Trump juga mengatakan bahwa Chief Executive Apple, Tim Cook, berkomitmen untuk membangun tiga pabrik besar di Amerika Serikat. Sayangnya, Apple tak memberikan komentar. Demikian seperti dilansir Reuters, Kamis (27/7/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini