Share

Wah, Giliran Xiaomi yang Ikutan Buat Speaker Pintar

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 27 Juli 2017 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 27 57 1744777 wah-giliran-xiaomi-yang-ikutan-buat-speaker-pintar-Dl7wJk0h8B.jpg (Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Perusahaan berbasis teknologi tampaknya sedang berbondong-bondong membuat speaker pintar. Setelah Amazon, Google, dan Apple, beberapa perusahaan lainnya juga dikabarkan bakal ikut-ikutan membuat perangkat tersebut.

Menurut informasi yang beredar, Samsung dan perusahaan e-commerce asal China, Alibaba, akan mengikuti jejak Apple untuk bergabung dengan Amazon dan Google. Tak hanya itu, Xiaomi juga diam-diam telah ikut bergabung untuk meramaikan industri speaker pintar.

Sebagaimana dilansir dari Ubergizmo, Kamis (27/7/2017), Xiaomi baru saja memperkenalkan speaker pintar bernama Mi AI Speaker. Seperti namanya, speaker Xiaomi tersebut memiliki kecerdasan buatan untuk mengerjakan segala perintah pemiliknya.

Baca juga: Amazon Echo Terbaru Akan Mirip Apple HomePod?

Meski demikian, Mi AI Speaker bukanlah speaker pintar pertama Xiaomi yang pernah dibuat. Sebelumnya, pada Desember 2016, perusahaan asal China tersebut pernah merilis speaker yang dapat dikontrol melalui suara. Hanya saja pada speaker terbarunya ini Xiaomi ikut menambahkan kecerdasan buatan.

Hal ini menunjukkan bahwa Mi AI Speaker diperkirakan bakal menjadi amunisi Xiaomi untuk berkompetisi dengan Amazon, Google, dan Apple.

Soal kemampuan, speaker pintar Xiaomi terbaru bisa digunakan untuk mengendalikan sejumlah produk Xiaomi dan juga perangkat pintar rekanan Xiaomi lainnya. Mi AI Speaker memiliki konten fitur seperti musik, audio book, membacakan cerita anak, bahkan mengakses radio.

Baca juga: Tak Amazon, Speaker Pintar Alibaba Bakal Saingi Apple

Speaker-nya sendiri memiliki fitur kumpulan enam driver yang memungkinkan dapat menyiarkan suara secara 360 derajat. Sayangnya, belum ada informasi apakah perangkat tersebut akan dijual Xiaomi ke luar China. Selain itu tak disebutkan pula kecerdasan buatan mana yang digunakan oleh Xiaomi.

Sebagaimana diketahui saat ini telah ada empat kecerdasan buatan yang berbasis suara seperti Google dengan Google Assistant-nya, Apple dengan Siri, Amazon dengan Alexa, dan Bixby yang dibuat oleh Samsung.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini