nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tepuk Tangan! Teknologi 5G Mulai Dicoba ke Smartphone

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 12:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 28 207 1745567 tepuk-tangan-teknologi-5g-mulai-dicoba-ke-smartphone-SEDaMXxAAo.jpg (Foto: Reuters)

CUPERTINO - Federal Communications Commission (FCC) telah menyetujui permohonan untuk Apple memulai pengujian teknologi 5G, yang artinya perusahaan tersebut bergabung dengan sejumlah orang yang sudah bekerja membawa 5G ke massa.

Namun, Apple menargetkan broadband gelombang milimeter pada frekuensi yang lebih tinggi dan pita panjang gelombang yang lebih kecil dibandingkan spektrum T-Mobile dan Sprint yang saat ini memfokuskan jaringan mereka.


(Baca juga: Waduh, Apple Harus Bayar Rp6,7 Triliun ke Kampus Ini, Ada Apa?)

Meski begitu, Apple dan perusahaan lain telah memperoleh banyak spektrum gelombang milimeter mereka sendiri, seperti dikutip dari laman Engadget, Jumat (28/7/2017).

Teknologi gelombang milimeter memungkinkan transmisi data lebih besar pada kecepatan pengiriman lebih cepat, namun jenis sinyal ini tak bisa benar-benar melewati benda yang semuanya baik, sehingga diperlukan penglihatan langsung.

Tak hanya itu, salah satu janji terbesar teknologi gelombang 5G atau milimeter adalah jangkauan luas yang berada di seluruh wilayah sehingga memungkinkan perangkat mengakses lebih banyak bandwidth.

Ketika Apple baru saja memulai di bidang ini, Facebook, Google, Samsung, dan Starry telah mengerjakannya terlebih dulu. Sayangnya, permohonan Apple tak memberikan rincian tentang bagaimana layanan 5G akan bekerja dalam praktiknya.


(Baca juga: Keren! Apple Akan Bangun Tiga Pabrik Megah di Amerika Serikat)

Apple telah diberikan akses untuk menguji teknologinya di dua lokasi dekat kantornya California sampai Agustus 2018. Kabar soal Apple ingin menguji teknologi 5G sudah terdengar sejak beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, AT&T, Verizon, dan T-Mobile telah mengumumkan rencana untuk mulai menguji versi 4G LTE yang lebih cepat. Kemudian dari segi chip, Samsung, Qualcomm, dan Intel telah mengumumkan perangkat keras baru untuk mendukung kecepatan 5G.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini