Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gokil! Pendapatan Game Mobile Tumbuh 32%

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 17:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 28 207 1745773 gokil-pendapatan-game-mobile-tumbuh-32-o55xt0w9U0.jpg (Foto: YouTube)

MOUNTAIN VIEW - Game mobile tampaknya menjadi bisnis yang tak diragukan dan laporan terbaru dari perusahaan analis Sensor Tower menunjukkan bahwa pendapatan yang dihasilkan terus tumbuh sebesar 32%.

Angka itu merupakan tingkat pertumbuhan rata-rata dari tahun ke tahun untuk Q2 2017 di seluruh platform Android dan iOS. Tak biasanya, pesaing utama Android menyumbang porsi lebih besar dari keuntungan tersebut dengan pertumbuhan 34% sementara unduhan Android bertanggung jawab atas 28%.

Hal itu kemungkinan turun ke pengguna platform tersebut yang bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk software dibandingkan yang lainnya, yang bisa ditunjukkan oleh jumlah rata-rata keseluruhan unduhan.

 (Baca juga: Mantap! Tampilan Grafis Uncharted: The Lost Legacy Curi Perhatian Gamer)

Seperti dikutip dari Android Headline, Jumat (28/7/2017), pertumbuhan download game Android mobile untuk Apple turun di keuntungan 2% dan Android mengalami peningkatan sebesar 25% dari Q2 2016. Gabungan pendapatan dari kedua platform untuk Q2 2017 dibulatkan menjadi lebih dari USD12,2 miliar dengan pertumbuhan rata-rata 2% dari kuartal sebelumnya.

Sensor Tower menghasilkan kategorisasi yang berbeda. Pertama, melihat unduhan di panggung dunia menunjukkan game teratas kuartal untuk perangkat mobile adalah Subway Surfers. Pengembang aplikasi Kiloo smash-hit juga mencuri posisi teratas secara keseluruhan dengan platform iOS disertakan di dalamnya.

Empat posisi berikutnya ditempati oleh My Talking Tom, Super Mario Run, Clash Royale, dan Clash of Clans. Urutan sedikit berubah terkait soal pendapatan di seluruh dunia dengan Subway Surfers terjun dari daftar 10 besar.

Kemudian, Monster Strike mendapatkan penghargaan tertinggi dalam pendapatan di kedua platform baik Android maupun iOS. Untuk Android, lima besar dibulatkan oleh ‘Game of War’, ‘Clash Royale’, ‘Clash of Clans’, dan ‘Mobile Strike’.

Selain itu, Sensor Tower juga secara khusus mencakup pasar Amerika Serikat (AS) untuk download dan pendapatan game mobile. Dengan mengunduh ‘Super Mario Run’ yang diciptakan oleh raksasa game ternama Nintendo, mengambil tempat Android teratas.

(Baca juga: Langka, Koleksi Game Jadul Ini Tak Lagi Dijual di Pasaran)

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini