Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Gamer Penasaran, Benarkah GTA 6 Tengah Dikembangkan?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 16:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 28 326 1745789 bikin-gamer-penasaran-benarkah-gta-6-tengah-dikembangkan-WS5R5kLVLj.jpg (Foto: Businessinsider)

CALIFORNIA - Game Grand Theft Auto (GTA) V menuai sukses karena game tersebut kabarnya terjual lebih dari 70 juta unit yang tercatat pada November 2016. Tim pengembang di balik permainan petualangan itu diharapkan mengembangkan seri permainan terbaru untuk para penggemarnya.

Dilansir Businessinsider, Jumat (28/7/2017), disebut-sebut Grand Theft Auto 6 akan diproduksi. Namun, laporan terbaru menyebutkan bahwa kabar tersebut ialah palsu. Sebelumnya, Tim Neff, seorang aktor yang disewa untuk pekerjaan pengambilan gambar disalahkan atas laporan palsu tersebut.

Resume palsunya bahkan menyebut permainan itu sebagai Grand Theft Auto 6. Padahal, sebelumya Grand Theft Auto memakai penomoran atau angka romawi tradisional, sehingga seharusnya Grand Theft Auto VI. Neff mengonfirmasi bahwa resume itu palsu di Twitter dan ia berulang kali membalas orang yang bertanya kepadanya tentang keterlibatannya.

Meskipun Neff melakukan beberapa pekerjaan dalam game Grand Theft Auto, ia belum terlibat dalam produksi game terbaru dari permainan itu. Selain itu, Rockstar Games juga belum secara resmi mengumumkan game Grand Theft Auto yang baru.

Selain penyebutan Grand Theft Auto 6 yang muncul di resume palsu, permainan anyar dari game aksi tersebut belum diumumkan bahkan belum diberi nama. Dengan demikian, tidak ada informasi mengenai game terbaru kecuali yang bisa gamer duga-duga berdasarkan seri game GTA sebelumnya.

Sebelumnya diberitakan, teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) diciptakan untuk bisa memainkan game GTA V. Teknologi tersebut memungkinkan komputer untuk menyelesaikan tugas atau melakukan suatu pekerjaan yang rumit.

Baca juga: Wow, Teknologi AI Bisa Main Game GTA V

Programmer Harrison 'Sentdex' Kinsley menciptakan AI atau 'convolutional neural network' yang dinamakan Charles. Ia bisa mengajari dirinya sendiri melalui pembelajaran mendalam.

Meskipun kedengarannya canggih, sejauh ini Charles belum menguasai saat menghindari tabrakan dengan mobil, dan tampaknya belum mengetahui mengenai rambu lalu lintas dan orang-orang di dalam permainan.

Apabila AI ini dilepas di jalanan yang sesungguhnya, maka polisi di dunia nyata mungkin bisa bertindak cepat. Teknologi AI yang bermain game GTA V itu ditayangkan di platform Twitch.

Menurut Kinsley, Charles bisa mempelajari sesuatu berdasarkan satu frame tunggal pada satu waktu. Charles hanya bisa melihat tampilan yang dilihat oleh mata manusia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini