DO YOU KNOW: Burung Berkicau di Pagi Hari, Nih Penjelasannya!​

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017, 17:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 31 56 1747160 do-you-know-burung-berkicau-di-pagi-hari-nih-penjelasannya-8203-uaDNEjuEoy.jpg (Foto: Youtube)

JAKARTA - Anda yang tinggal di daerah pegunungan atau perkebunan pastinya akan mendengar kicauan burung di pagi hari. Para ilmuwan menyebut peristiwa itu sebagai fenomena paduan suara fajar.

Burung biasanya mulai beraktivitas pada pukul 04.00 pagi dan berakhir dalam beberapa jam kemudian untuk mencari makanan. Meski burung dapat berkicau sepanjang hari, namun frekuensi kicauannya di pagi akan terdengar lebih nyaring dan sering.

Sebagian besar kicauan yang terdengar oleh Anda merupakan berasal dari pejantan. Biasanya hal itu dilakukan untuk menarik perhatian lawan jenisnya dan juga menjadi pertanda daerah kekuasaan atau teritorialnya dari pejantan lain.

Namun mengapa kicauan tersebut lebih sering terdengar pada pagi hari? Ada beberapa teori yang mengatakan sebagaimana yang dilansir dari WIRED berikut ini.

Salah satu teori yang memungkinkan burung untuk berkicau di pagi hari ialah karena level pencahayaan yang masih redup. Kurangnya pencahayaan menyulitkan burung-burung non-nokturnal untuk mencari makanan. Maka dengan keadaan tersebut, berkicau merupakan cara yang tepat untuk mengawali aktivitas.

Teori lainnya mengungkap bahwa pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menyatakan sinyal kepada burung lainnya. Karena berkicau merupakan bagian yang vital bagi burung, maka dengan kicauan yang lantang bisa menjadi peringatan kepada pejantan lainnya untuk menghindari kawasan kekuasaan.

Selama beberapa tahun, peneliti memiliki teori mengenai atmosfer pagi. Menurut peneliti, udara pagi memiliki tipikal yang lebih dingin dan kering sehingga memungkinkan burung untuk berkicau di udara.

Selain itu berkicau di pagi hari juga dapat menghasilkan gelombang suara yang konsisten sehingga burung lain dapat dengan jelas mengenali suara tersebut.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini