Keren! Gboard di iOS Kini Bisa Berbagi Video Youtube

Fellix Aditya, Jurnalis · Selasa 01 Agustus 2017 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 01 207 1747701 keren-gboard-di-ios-kini-bisa-berbagi-video-youtube-3gryxZoeHC.jpg (Foto/Ilustrasi: GSM Arena)

CALIFORNIA ā€“ Google memiliki sistem operasi Android besutannya sendiri yakni Android. Namun, meskipun begitu, tidak membuat Google hanya menelurkan aplikasi-aplikasi mereka pada sistem operasinya saja melainkan untuk sistem operasi lain semisal iOS besutan Apple.

Aplikasi Google yang juga dihadirkan untuk perangkat iOS adalah Gboard. Gboard sendiri merupakan aplikasi keyboard untuk smartphone. Kini Gboard untuk iOS juga telah menerima pembaruan yang membuatnya semakin canggih dan juga memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan keyboard bawaan atau keyboard lainnya yang beredar di toko aplikasi sistem operasi besutan Apple tersebut.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (1/8/2017), pembaruan ini membawa tiga fitur besar. Pertama, kini Gboard telah terintegrasi dengan Youtube dan Google Maps. Dengan mengetuk ikon ā€˜Gā€™, pengguna dapat memilih tiga tindakan, yakni melakukan penelusuran web seperti biasanya, mencari video di Youtube, atau berbagi lokasi atau alamat tertentu melalui Google Maps.

Semua hal tersebut dapat dilakukan hanya lewat keyboard tanpa harus bolak-balik membuka aplikasi lainnya. Ini akan berguna saat pengguna ingin memperlihatkan video youtube dengan cepat saat sedang melakukan obrolan. Pengguna tidak perlu membuka aplikasi Youtube terlebih dahulu, cukup mencarinya lewat keyboard besutan Google ini.

Hal tersebut juga berlaku untuk pengguna yang ingin memperlihatkan alamat tertentu karena kini Gboard telah terintegrasi dengan Google Maps.

Yang terakhir adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menggambar ataupun mencoret-coret dan coretan tersebut dapat dikirimkan ke pengguna lain yang dimaksud. Hal ini berguna untuk para pengguna yang ingin menyampaikan ide-ide mereka lewat gambar karena akan lebih mudah dibandingkan lewat teks. Fitur tinta ini dapat diakses dengan mengetuk tombol emoji, lalu pilih ikon dengan bentuk pena.

Pembaruan lainnya yang turut dihadirkan pada Gboard hari ini adalah dukungan tiga bahasa lain seperti Arab, Ibrani, dan Farsi. Semua pembaruan ini dapat diperoleh di Gboard versi terbaru di toko aplikasi iOS, App Store.Ā 

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini