Fidget Spinner Sudah Ada sejak 4.000 Tahun yang Lalu, Ini Buktinya!

Afriani Susanti , Jurnalis · Rabu 02 Agustus 2017 15:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 02 56 1748400 fidget-spinner-sudah-ada-sejak-4-000-tahun-yang-lalu-ini-buktinya-LVba7I82tu.jpg Foto: Dok. Cnet

CHICAGO – Akhir-akhir ini, masyarakat seakan asyik dengan hadirnya permainan baru yang dikenal dengan Fidget Sippner. Mainan yang dipatenkan oleh Catheria A Hettinger pada 1996 ini akhirnya fenomenal di kalangan masyarakat. Mainan ini sendiri awalnya diciptakan untuk bisa mengurangi rasa stres pada pemainnya agar tidak menggigit kuku atau sekadar menghilangkan rasa bosan.

Baca juga: Fidget Spinner Efektif Bantu Anak Berkebutuhan Khusus Kelola Stress

Namun siapa sangka, jika fidget spinner ini ternyata sudah ada sejak 4.000 tahun yang lalu. Dalam sebuah percakapan melalui media sosial Reddit, seperti dinukil dari laman Cnet, telah ditemukan fidget spinner paling tua di dunia di sebuah museum di Chicago. Permainan ini memiliki bentuk serupa dengan Fidget Spinner yang dikenal sekarang ini, yakni dengan memiliki tiga lengan serta ditengahnya terdapat tempat untuk bisa memutar-mutar mainan tersebut.

Dalam koleksi di Musem Chicaho tersebut dituliskan ‘Spinning Toy with Animal Heads’. Koleksi tersebut ditemukan di Galeri Mesopotamian di Oriental Musem di Chicago. Hal tersebut tentu mengundang perhatian netizen di media sosial Reddit.

Baca juga: Fidget Spinner Bantu Anak-anak dengan Autisme untuk Fokus

Jean M Evan sendiri sebagai Chief Curator di Oriental Institute Musem setuju jika benda tersebut memang mirip seperti fidget spinner yang dikenal sekarang ini. Tapi benda itu sendiri memang tidak teridentifikasi.

Bahkan Evans berpikir bahwa benda tersebut bukanlah sebuah mainan, lebih tepatnya adalah sebuah kepala gada , yang merupakan sejenis senjata.

“Ketika ‘spinning toy’ pertama kali dirilis pada 1932, mereka mengakui bahwa benda tersebut memang unik dan mereka berspekulasi ini mungkin bisa diputar dan digunakan dalam ‘ramalan astrologi’” ungkap Evans.

Baca juga: Gara-gara Main Fidget Spinner, Seorang Bocah Alami Luka Serius

Bahkan museum sendiri berencana untuk meng-update-nya. Evans akan memberikan foto dari kepala gada yang lainnya, yang mungkin terlihat mirip seperti ‘spinning toy’ tersebut. Evans juga mengatakan menemukan lokasi yang dekat dengan kuil yang bisa memberikan bukti lebih lanjut .

“Ini bisa jadi sebuah senjata para dewa di zaman milenium kedua,” tambahnya. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini