Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! Foto Selfie Pertama Ini Dihargai Rp21 Juta

Riani Angle Agustine, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 02:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 02 56 1748719 wow-foto-selfie-pertama-ini-dihargai-rp21-juta-Qw3pW6lEOS.jpg (Foto: Dailymail)

LONDON - Selfie atau Self Portrait pertama yang dilakukan di luar angkasa berhasil diabadikan dengan indah. Astronot Buzz Aldrin mengambil foto selfie pertama tersebut saat sedang berada di luar kapal luar angkasanya.

Dilansir Dailymail.co.uk, Rabu (2/8/2017), foto yang sudah berusia 51 tahun tersebut akan dijual dengan perkiraan harga £1.200 atau setara dengan Rp21 juta. Buzz Aldrin melakukan selfie tersebut selama misi Gemini 12 pada November 1966.

Aldrin menghabiskan waktu 5 setengah jam di luar pesawat ruang angkasa untuk mengambil foto selfie tersebut. Selama waktu itu, ia juga memotret medan bintang yang melintas di atmosfer.

Foto yang berukuran 20x25 cm tersebut berasal dari kolektor foto-foto NASA (National Aeronautics and Space Administration) vintage dari Misi Gemini yang mulai ia koleksi sejak 2015.

Sebelum itu, foto selfie pertama tersebut tersimpan di arsip NASA dengan kode NASA/66/69926 pada bagian belakangnya. Kolektor tersebut sekarang telah memutuskan untuk menjual foto tersebut di sebuah pasar lelang yang diadakan pada 14 September.

Foto tersebut menunjukkan Buzz Aldrin yang sekarang berusia 87 tahun sedang mengangkat helm pelindungnya. Hal tersebut membuat mata dan kening Buzz Aldrin terlihat serta kurva biru di Bumi yang menjadi latar belakangnya.

Pada kiri bawah foto merupakan kamera Maurer 16 mm yang digunakan untuk memfilmkan aktivitas ekstra saat misi sedang berlangsung. Valentina Borghi, spesialis Bloomsbury Auctions di London, yang menjual foto tersebut mengatakan, “Foto ini berasal dari vendor swasta, ayahnya memiliki koleksi 50 foto misi Gemini”.

Faktanya, misi Gemini saat ini lebih populer daripada misi Apollo. Hal ini terjadi karena mereka yang terlihat dipandang sebagai pelopor eksplorasi ruang angkasa.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini