Mozilla Punya Situs Web Baru, Apa Itu?

Dini Listiyani, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 03 207 1748950 mozilla-punya-situs-web-baru-apa-itu-0ZwwNcuBvC.jpg (Foto: The Verge)

SAN FRANCISCO - Mozilla telah meluncurkan situs web baru yang membuatnya lebih mudah untuk mengirim file dari satu orang ke orang lain. Situs web ini disebut Send.

Sejatinya, Send merupakan file berbagi Snapchat yakni setelah file diunduh, file akan menghilang untuk selamanya. Situs web ini dirancang untuk berbagai secara cepat dan private antara dua orang, bukannya untuk hosting jangka panjang atau mendistribusikan file ke grup besar.

Meskipun cloud hosting dan layanan lokal seperti AirDrop telah membuat file sharing jauh lebih mudah dibandingkan dulu, namun terkadang masih bisa membuat orang kesulitan. Misalnya saja, lampiran e-mail kerap tertutup apabila memiliki ukuran 20 MB atau lebih.

 (Baca juga: Mozilla Akan Gelontorkan USD2 Juta untuk Penemu Teknologi Internet Baru)

Dikutip dari laman The Verge, Kamis (3/8/2017), berbeda dengan Send, ia justru mendukung file hingga 1 GB dan setelah mengunggah sesuatu, ia akan memberi Anda tautan untuk dikirim ke orang lain. Tautan itu akan kedaluwarsa setelah mereka mengunduhnya atau setelah 24 jam.

Oleh sebab itu, penundaan orang lain benar-benar menjadi keterbatasan terbesar di sini. Selain itu, file juga dienkripsi saat diunggah dan Mozilla mengatakan bahwa tak memiliki kemampuan untuk mengakses konten file terenkrispi Anda.

Mozilla mengklasifikasikan Send sebagai percobaan saat ini, jadi mungkin saja situs tersebut tak akan ada selamanya. Akan tetapi, jika berhasil, mungkin layanan itu akan bertahan.

Sebelum meluncurkan situs baru, Mozilla juga melakukan pembaruan terhadap mesin perambannya agar lebih ngebut dibandingkan Google Chrome dan Safari milik Apple.

Peramban Firefox yang kini memiliki versi ke-54 telah membuka batas pemrosesan dari satu ke empat sehingga pengguna dapat menyesuaikannya dengan cara memasukkan ‘about:config’ ke dalam kolom pencarian alamat website dan melakukan pengaturan sendiri.

 (Baca juga: Mozilla Umumkan WebVR untuk Firefox 55)

Rival Google Chrome ini mengklaim bahwa Firefox 54 memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan Google Chrome dan Safari dalam sebuah uji coba kecepatan browsing, bahkan setelah membuka 20 halaman baru sekalipun.

Meski demikian, dalam tes tersebut masih terdapat kebiasaan lama yakni loading di semua halamannya. Dalam keterangannya di blog resmi Mozilla, Vice President Firefox Nick Nguyen mengatakan bahwa pembaruan ini merupakan perubahan besar dalam kode Firefox sepanjang sejarah.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini