Mantap! Xiaomi Kalahkan Apple dan Fitbit di Pasar Wearable

Fellix Aditya, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 04 207 1749726 mantap-xiaomi-kalahkan-apple-dan-fitbit-di-pasar-wearable-obmoNeyQcK.jpg (Foto/Ilustrasi: Overchinas)

CALIFORNIA – Untuk kalender kuartal kedua yang dimulai pada April 2017 dan berakhir pada Juni, Xiaomi mengambil alih posisi teratas dan sekarang menjadi penjual terdepan pada perangkat wearable secara global.

Sepanjang 2016, pangsa pasar wearable dari Fitbit telah merosot hampir setengahnya atau sekira 45%. Sebelumnya Fitbit memiliki pangsa pasar sebesar 28,5% namun sekarang telah merosot menjadi 15,7%.

Merosotnya pangsa pasar Fitbit ini membuat perangkat wearable Xiaomi menempati urutan teratas. Dikutip dari Phone Arena, Jumat (4/8/2017), kini Xiaomi memiliki pangsa pasar sebanyak 17,1% dan menepatkannya pada posisi teratas untuk pertama kalinya. Jumlah ini naik dari 2016 yaitu ketika pangsa pasar wearable Xiaomi berada pada angka 15%.

Perangkat dari Fitbit dikenal fitness tracker atau ini bekerja pada proyek smartwatch dan sejauh ini hal tersebut belum berhasil. Fitbit diketahui harus memberhentikan 110 karyawan dan sedang melakukan tuntutan hukum mengenai itu. Sedangkan untuk Apple mengalami 44% kenaikan pangsa pasar perangkat wearable yang dari 9% menjadi 13%.

Mengubah angka pangsa pasar ini menjadi penjualan global sebenarnya tidak terlalu sulit. Angka penjualan terdepan Xiaomi yang dapat dikenakan berjumlah 3,7 juta unit terjual selama kuartal kedua. Fitbit memiliki penjualan 3,4 juta unit perangkat wearable di seluruh dunia selama kuartal kedua, turun dari 5,7 juta fitness tracker, dan Apple menjual satu juta unit Apple Watch.

Menurut Cliff Raskind, Direktur Strategy Analytics, Apple tertinggal oleh Xiaomi pada kuartal terakhir ini karena kurangnya kehadiran dalam fitness tracker. Namun, Raskind mengatakan bahwa seri ketiga dari Apple Watch yang telah dikabarkan sebelumnya diharapkan dapat meningkatkan health tracker yang bisa membuat Cupertino dapat berada di puncak akhir 2017.

Secara keseluruhan, 21,6 juta perangkat wearable terjual pada kuartal kedua, meningkat 8% dari 20 juta yang telah terjual pada kuartal yang sama pada 2016.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini