Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nih, 5 Aplikasi Smartphone Pembuat Cinemagraph

Fellix Aditya, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 22:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 04 207 1750048 nih-5-aplikasi-smartphone-pembuat-cinemagraph-gLIINKWa4g.png (Foto/Ilustrasi: Phone Arena)

JAKARTA – Apakah Anda pernah melihat sebuah foto dengan beberapa bagian bergerak namun yang lainnya hanya tampak diam? Hal tersebut yang dinamakan dengan nama cinemagraph. Pada dasarnya, cinemagraph dilakukan dengan menggabungkan klip pendek dengan foto. Semua itu diambil dari posisi kamera yang sama. Sebagian besar gambar hanyalah gambar, dan beberapa bagian memiliki frame dari klip di atasnya.

Untuk membuat cinemagraph itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Anda juga dapat membuatnya lewat smartphone Anda dengan menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia di toko aplikasi sistem operasi perangkat Anda. Untuk membuatnya diperlukan sebuah adegan dengan ide yang bagus, dan tentunya Anda memerlukan tripod agar dapat membuat cinemagraph yang bagus.

Berikut adalah aplikasi-aplikasi pembuat cinemagraph yang dilansir Okezone dari Phone Arena, Jumat (4/8/2017).

Cinemagraph Pro

Cinemagraph Pro bisa dianggap sebagai aplikasi paling serius untuk membuat sebuah cinemagraph. Aplikasi ini memiliki alat-alat yang lengkap di dalamnya yang dapat digunakan untuk mengubah warna, melakukan crop, perekaman 240 fps, dan yang lainnya. Aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat iOS. Meskipun tersedia secara gratis, aplikasi ini akan memberikan watermark yang cukup mengganggu pada hasil cinemagraph Anda.

Loopsie

Aplikasi ini mudah digunakan. Saat menghidupkan kamera, Anda akan diminta untuk merekam selama tiga detik dengan menahan tombol shutter virtual. Kemudian klip tersebut akan distabilkan dan Anda akan dibawa ke fase pengeditan. Dalam fase ini, Anda dapat memindahkan beberapa bagian di dalam gambar. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Namun, terdapat bug aneh di kamera selfie pada perangkat iOS namun bekerja sempurna di Android. Terdapat pula watermark di aplikasi ini yang dapat dihilangkan dengan membayar sejumlah uang ke pengembang aplikasi tersebut.

Picoo Camera

Aplikasi ini tidak memiliki fitur yang lengkap seperti dua aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini akan meminta Anda untuk memilih area komposisi yang akan diberi animasi pada jendela bidik yang Anda tentukan sebelumnya. Kemudian, Anda dapat merekamnya dan apa yang ada pada layar itulah yang akan menjadi cinemagraph Anda. Anda tidak dapat mengedit area yang bergerak setelah cinemagraph selesai dibuat. Namun ada fitur stabilizer yang cukup baik yang dapat membantu Anda menggunakan aplikasi ini tanpa bantuan tripod. Aplikasi ini juga tersedia secara gratis untuk perangkat iOS dan juga Android.

MaskArt

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi ini tidak memiliki penerapan kamera sendiri. Aplikasi ini akan membuat Anda menggunakan klip video yang sudah ada sebelumnya. Ini mungkin akan menjadi halangan untuk sebagian orang, tapi setidaknya aplikasi ini memungkinkan untuk menggabungkan gambar dengan video dan akan menghasilkan beberapa hasil cinemagraph yang unik. Aplikasi ini hanya tersedia di iOS dan tersedia secara gratis.

Plotagraph+

Aplikasi ini merupakan yang paling baru di antara aplikasi sejenis lainnya, namun aplikasi ini hadir sebagai pesaing serius aplikasi lainnya. Aplikasi ini menyediakan alat pemotong, pelacakan animasi, playback speed tunning, dan bahkan dukungan sensitivitas dari tekanan Apple Pencil. Aplikasi ini mengharuskan pengguna untuk membeli agar dapat mendapatkan aplikasi ini. Dengan dukungan terhadap Apple Pencil, maka benar bahwa aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat iOS.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini