Duh, Penjualan Tablet Secara Global Masih Punya 'Rapor Merah'

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 04 207 1750153 duh-penjualan-tablet-secara-global-masih-punya-rapor-merah-JOo0IDhgs7.jpg (Foto: Tech Radar)

JAKARTA - Penjualan perangkat tablet secara global masih mendapatkan 'rapor merah'. Artinya, secara keseluruhan penjualan dari perangkat tersebut memiliki performa yang buruk.

Berdasarkan laporan International Data Corporation (IDC) di kuartal kedua 2017, menunjukkan adanya penurunan penjualan sebesar 3,4% menjadi 37,9 juta unit, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Senin (7/8/2017).

Tampaknya, Apple yang baru saja merilis iPad murah juga tak mampu membangkitkan geliat pasar perangkat tersebut. Meski begitu, perusahaan yang berbasis di California itu dilaporkan masih memimpin pasaran untuk saat ini.

Baca juga: Wow, Perusahaan Ini Bikin Tablet Raksasa Berukuran 32 Inci

Selama periode April hingga Juni, Apple mampu menjual 11,4 juta unit iPad secara global. Secara year-over-year, perusahaan berlogo buah apel tergigit itu mampu meraih peningkatan pasar sebesar 14,7%. Pada periode tersebut, Apple diketahui meraih pangsa pasar secara keseluruhan sebesar 25,4% hingga 30,1%.

Sementara itu, Samsung menempel Apple di posisi kedua dengan jumlah penjualan sebanyak 5,4 juta unit. Saat ini produsen asal Korea Selatan tersebut memegang pangsa pasar sebesar 15,8%. Dari pertumbuhan, ia mengalami penurunan penjualan -8% sehingga tertinggal 47% di belakang Apple.

Baca juga: Unik! Produsen Ponsel Ini Bikin Tablet yang Dapat Ditekuk

Nama lain yang juga ikut dalam perburuan tablet terbanyak ialah Huawei. Produsen China ini menempati posisi ketiga dengan mengantongi pangsa pasar 8%. Secara year-over-year Huawei dapat mencatatkan pertumbuhan penjualan tablet sebesar 47,1%.

Sedangkan posisi keempat dan kelima dihuni Amazon dan Lenovo dengan pangsa pasar masing-masing 6,2% dan 5,7%. Sehingga secara keseluruhan, total penjualan tablet di periode kuartal kedua 2017 (April hingga Juni) mencapai 37,9 juta unit.

Hasil penjualan tahun ini mengalami penurunan dari periode sebelumnya sebanyak 1,4 juta unit, dari 39,3 juta unit pada 2016.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini