Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap! Zeiss Kepincut dengan Saham Leica

Dini Listiyani, Jurnalis · Sabtu 05 Agustus 2017 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 05 207 1750458 terungkap-zeiss-kepincut-dengan-saham-leica-7C7r6DCn7w.jpg (Foto: Reuters)

FRANKFURT - Kepemilikan saham Leica sebesar 45% dilaporkan dijual. Salah satu perusahaan yang tertarik untuk mengambil saham itu ialah perusahaan optik legendaris asal Jerman, Zeiss.

Dilaporkan Reuters, Sabtu (5/8/2017), perusahaan ekuitas swasta berbasis di Amerika Serikat Blackstone Group sedang dalam pembicaraan dengan pembeli potensial untuk menjual 45% sahamnya di pembuat kamera high-end dan sport optik Leica.

Investor telah bekerja sama dengan sebuah bank investasi untuk menentukan pilihan strategis bagi perusahaan tersebut dan melakukan pembicaraan dengan beberapa calon pengakuisisi.

 (Baca juga: Komparasi Hasil Foto iPhone 7 vs Leica M9-P)

Setiap pembeli potensial harus berhadapan dengan keluarga Austria's Kaufmann yang memiliki 55% saham di Leica, setelah dibawa Blackstone sebagai salah satu investor pada 2011.

Menurut sumber, Zeiss berpotensi tertarik dengan Leica Camera, namun hanya menyetujui kesepakatan jika bisa mengamankan saham mayoritas. Pembeli potensial termasuk investor keluarga lainnya.

 (Baca juga: Masuk ke Indonesia, Leica M10 Jadi Pesaing Sony a7)

Pada 2016, investor China CDH menyatakan minatnya untuk membeli saham Blackstone di Leica, namun tak ada kesepakatan yang terwujud. Huawei dari China, yang didirikan oleh mantan engineer tentara China telah melisensi teknologi kamera Leica untuk digunakan di beberapa smartphone.

Menyediakan kamera untuk penggunaan lain dari smartphone ke mobile telah muncul sebagai pilar kedua pemasok, ketika penjual kamera saku mendapat tekanan dari kenaikan smartphone. Kamera lifestyle mahal sejauh ini melawan tren itu.

Meski begitu, menurut salah satu sumber, Huawei tak mungkin menunjukkan rasa ketertarikannya untuk membeli saham Blackstone di Leica. Zeiss dan Huawei kabarnya menolak untuk memberikan komentar.

 (Baca juga: Saingi Fujifilm X-A3, Leica Rilis Kamera Mewah Instan)
(Baca juga: Ikuti Huawei P9, Mate 9 Gunakan Kamera Leica)


(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini