Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Techno Trick: Nah! Ini Cara agar Perangkat Android Anda Aman dari Aplikasi Berbahaya

Riani Angle Agustine, Jurnalis · Minggu 06 Agustus 2017 10:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 05 92 1750250 techno-trick-nah-ini-cara-agar-perangkat-android-anda-aman-dari-aplikasi-berbahaya-pty7v1cPau.jpg (Foto: Androidpolice)

CALIFORNIA - Google Play Protect adalah alat terbaru yang ditujukan untuk membantu pengguna Android terbebas dari aplikasi yang mencurigakan. Fitur ini akan terus menerus memindai ponsel atau tablet Android Anda dan akan memberikan notifikasi jika ditemukan masalah.

Perlu diingat bahwa Play Protect dirancang untuk memindai dan mengidentifikasi aplikasi di Play Store bukan dari situs web lain (pihak ketiga). Cara ini adalah hal yang paling mudah agar perangkat Anda tetap aman ketika memasang aplikasi dari Play Store.

Dilansir dari Cnet.com, Jumat (4/8/2017), terdapat beberapa cara berbeda untuk memeriksa apakah aplikasi yang akan diunduh sudah diverifikasi oleh Play Protect.

Untuk melihat status pemindai terbaru, pastikan fitur Play Protect aktif. Buka Setting> Google> Security> Google Play Protect. Di sini, daftar aplikasi yang baru saja diinstal akan muncul, notifikasi akan muncul jika terdapat aplikasi yang berbahaya untuk ponsel Anda.

Saat Google telah menyelesaikan peluncuran Play Protect, Anda akan mulai melihat lencana verifikasi pada Play Store. Ini adalah cara tercepat dan mudah untuk memeriksa apakah aplikasi yang ingin diunduh tidak berbahaya, tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu.

Fitur lain yang masuk saat Google melengkapi peluncuran Play Protect adalah kepastian bahwa semua aplikasi yang akan diperbarui masih dalam keadaan aman. Di bagian atas daftar pembaruan, nantinya Anda akan menemukan peringatan “ No Problems Found” pada pemindaian terakhir.

Selain memindai aplikasi yang bermasalah Google Play Protect juga akan membuat perangkat dan data yang ada dalam keadaan aman. Fitur tersebut juga akan memindai perangkat Anda secara otomatis dan akan melaporkan jadwal terakhir pemindaian dilakukan.

Semua aplikasi Android telah menjalani pengujian yang ketat sebelum muncul di Google Play Store. Google Play Protect telah memindai 50 miliar aplikasi yang ada dan akan dilakukan setiap harinya untuk memastikan bahwa semua aplikasi yang ada merupakan aplikasi yang tidak berbahaya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini