Nah Loh! ​Bukan di Galaxy Note 8, Samsung Akan Memulai Debut Pemindai Sidik Jari di Layar Tahun Depan

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Minggu 06 Agustus 2017 13:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 06 57 1750678 nah-loh-8203-bukan-di-galaxy-note-8-samsung-akan-memulai-debut-pemindai-sidik-jari-di-layar-tahun-depan-cCCzVxWyDf.jpg (Foto: Android Authority)

JAKARTA - Fitur pemindai sidik jari (fingerprint scanner) di layar ponsel masih menjadi tantangan besar bagi Samsung dan Apple. Hingga kini, kehadiran teknologi tersebut masih sebatas rumor yang masih belum terjawab kebenarannya.

Rencana penempatan pemindai sidik jari ke dalam layar tak lepas dari desain smartphone yang mulai mengusung konsep bezel-less atau tanpa bingkai. Hal ini turut merampingkan bingkai di bagian depan sehingga tak memiliki ruang untuk menempatkan fitur tersebut di bagian depan.

Samsung sebenarnya telah dirumorkan bakal membawa fitur itu pada Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus, namun dalam perilisannnya beberapa waktu lalu, Samsung malah menempatkan pemindai sidik jari di samping modul kamera.

Baca juga: Setelah Layar Merah, Pengguna Keluhkan Galaxy S8 Me-Restart Sendiri

Rumor itu kemudian beralih ke calon smartphone terbaru Samsung, Galaxy Note 8. Sayangnya, berdasarkan bocoran desain terbaru, Note 8 yang akan mengusung dual-camera masih menempatkan pemindai sidik jari di bagian samping.

Hal ini kemudian menjadi pertimbangan bagi seorang analis dari KGI, Ming-Chi Kuo, untuk 'meramal' masa depan teknologi tersebut. Sebagaimana dilansir dari Phone Arena, Minggu (6/8/2017), 'peramal ulung' itu memprediksi bahwa Galaxy S9 dan S9 Plus masih memiliki desain fingerprint yang sama.

Fitur itu baru akan tertanam di bagian layar saat Samsung meluncurkan Galaxy Note 9 pada 2018. Bersamaan dengan hal itu, Kuo juga melaporkan bahwa Samsung akan mengganti pemasok sensor biometrik dari Synaptics ke Egis.

Baca juga: Berkat Changelog Aplikasi, Tiga Perangkat Baru Samsung Terkuak

Selain Samsung dan Apple, kompetisi untuk menghadirkan fingerprint scanner di bagian layar juga dilakukan oleh Vivo. Produsen asal China itu bahkan dikabarkan telah memamerkan kemampuan tersebut pada smartphone Vivo X20 melalui sebuah slide presentasi.

Selain itu akun Twitter Vivo juga turut mengindikasikan adanya perubahan pada sistem penguncian smartphone pada gelaran MWC 2017.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini