Share

AMOLED Tempati Posisi Puncak sebagai Display Paling Digemari, Kok Bisa!

Fellix Aditya, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 07 207 1751061 amoled-tempati-posisi-puncak-sebagai-display-paling-digemari-kok-bisa-ootP0UtWyn.jpg (Foto/Ilustrasi: Android Authority)

AMERIKASmartphone pada zaman ini telah hadir dengan banyak pilihan dari berbagai brand. Tiap brand juga menyediakan banyak pilihan smartphone yang dapat disesuaikan dengan kemampuan calon penggunanya. Pengguna memilih smartphone tersebut dengan berbagai alasan, ada yang berdasarkan merek, spesifikasi, material, desain, warna, layar atau display, dan lain sebagainya.

Banyaknya pilihan smartphone menjadikan pilihan ukuran pada layarnya juga semakin beragam. Ukuran layar ini cukup signifikan dalam keputusan terakhir calon pembeli untuk membeli suatu smartphone. Sebab, beberapa orang tidak menginginkan smartphone dengan layar yang terlalu besar, namun ada juga yang sebaliknya.

Kualitas layar atau display pun sudah banyak ragamnya. Kualitas layar untuk menampilkan konten-konten yang ada pada smartphone ini akan tergantung pada panel layar yang digunakan. Panel layar yang paling banyak menghiasi lini smartphone dari berbagai merek di antaranya adalah LCD dan AMOLED. Perbedaan yang terlihat dari LCD dengan AMOLED adalah warna yang dihasilkan oleh kedua jenis layar tersebut, di mana LCD terlihat menampilkan warna yang lebih akurat, sedangkan AMOLED menampilkan warna yang lebih cerah dan membuatnya terlihat berbeda dari yang seharusnya.

Meski terlihat tidak akurat, layar AMOLED ini nyatanya lebih banyak digemari oleh para pengguna smartphone. Berdasarkan hasil voting yang telah dilansir GSM Arena, Senin (7/8/2017), AMOLED mendapatkan hasil voting sekira 61%, jauh meninggalkan LCD yang hanya mendapatkan voting sekira 8%. Posisi ketiga ditempati oleh layar yang disebut dengan Quantum Dot dengan perolehan voting sekira 10%. Pada posisi kedua tidak ditempati oleh jenis layar tertentu, GSM Arena memberikan pilihan yang dapat dipilih oleh pengguna yang tidak terlalu memikirkan jenis layar asalkan layar tersebut dapat menghasilkan gambar yang baik. Pilihan yang ditulis dengan ‘Only Quality Matters’ itu memperoleh voting sebesar 21%.

Untuk diketahui, AMOLED kini telah banyak diminati oleh para produsen smartphone. Sebelumnya, Samsung selalu membenamkan layar berjenis AMOLED pada smartphone-smartphone flagship-nya. Perangkat besutan Google yakni Pixel juga telah menggunakan layar jenis ini, Nexus pun demikian. LG juga telah dikabarkan akan menggunakan layar jenis ini pada flagship terbarunya, LG V30. Apple juga telah dilaporkan akan membawa layar berjenis AMOLED pada smartphone terbaru mereka ke depannya, meninggalkan layar LCD yang telah hadir di iPhone besutan mereka hingga iPhone seri ke 7-nya.

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini