Wow! SoftBank Siap Kucurkan Rp26 Triliun ke Flipkart, Kok Bisa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 15:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 08 207 1751885 wow-softbank-siap-kucurkan-rp26-triliun-ke-flipkart-kok-bisa-TeVHq18HFH.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Perusahaan raksasa telekomunikasi asal Jepang, SoftBank, kabarnya siap mengucurkan dana triliunan rupiah kepada startup Flipkart. Rencana itu diungkap langsung oleh CEO SoftBank, Masayoshi Son, baru-baru ini.

"Kami menghormati keputusan pendiri Snapdeal dan kami tertarik (berinvestasi) dengan Flipkart," kata Masayoshi Son saat pengumuman keuangan SoftBank pada Senin 7 Agustus 2017 sebagaimana dikutip dari Tech in Asia, Selasa (8/8/2017).

Ternyata keputusan itu dibuat setelah Snapdeal gagal mencapai kesepakatan soal akuisisi perusahaannya oleh Flipkart. Snapdeal sendiri merupakan startup kompetitor Flipkart yang juga menggelar toko belanja online.

Baca juga: Wow, Giliran Uber Akan Terima Miliaran Dolar dari SoftBank

Mengenai investasi SoftBank kepada Flipkart, telah ada beberapa rumor yang menyebutkan bahwa perusahaan asal Jepang tersebut bakal mengucurkan dana USD1,5 miliar (sekira Rp19 triliun) hingga USD2 miliar atau sekira Rp26 triliun kepada Flipkart.

Bantuan investasi yang diberikan SoftBank, akan menambah 'amunisi' Flipkart dalam bersaing dengan e-commerce bentukan Jeff Bezos, Amazon, di India. Sebelumnya startup asal India itu juga telah mendapatkan bantuan dana dari Tencent senilai USD1,4 miliar pada April 2017.

Sementara itu pesaingnya, Snapdeal, akan mengubah model bisnisnya menjadi seperti e-Bay yang merupakan marketplace terbuka yang memghubungkan penjual dengan pembeli.

Baca juga: Mantap! Ekspansi di Asia Tenggara, Alibaba Siap Gelontorkan Rp6,66 Triliun ke Startup Lokal

SoftBank sendiri tercatat memiliki beberapa rekam jejak dalam hal investasi. Perusahaan itu telah mengucurkan dana kepada startup seperti Grab (Rp26,6 triliun) bersama dengan Didi Chuxing dan Tokopedia (Rp1,3 triliun) bersama Sequoia Capital pada 2014.

Diketahui pula, SoftBank telah berinvestasi di One97 Communication, induk dari Paytm, sebesar USD1,4 miliar. Paytm sendiri saat ini telah diambil kendali oleh Alibaba Group.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini