SoftBank Rajin Melakukan Investasi di Startup, Uang dari Mana?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 16:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 08 207 1751937 softbank-rajin-melakukan-investasi-di-startup-uang-dari-mana-uyjZyLMK6M.jpg (Foto: BBC)

JAKARTA - SoftBank, perusahaan raksasa telekomunikasi asal Jepang, belakangan ini gencar melakukan investasi kepada beberapa startup di dunia. Belakangan diketahui bahwa perusahaan tersebut berniat mengucurkan dana senilai Rp26 triliun kepada Snapkart, startup e-commerce asal India.

SoftBank juga diketahui menjadi penyokong dana bagi startup yang beroperasi di Indonesia seperti Grab dan Tokopedia. Bahkan raksasa e-commerce asal China, Alibaba, juga sempat mendapatkan pendanaan dari perusahaan tersebut. Lantas dari mana SoftBank bisa mendapatkan banyak dana?

Rahasianya ialah teletak pada venture capital (lembaga yang mengucurkan investasi) bernama Vision Fund. Sebagaimana yang dirangkum Okezone dari Tech Crunch, Selasa (8/8/2017), Vision Fund merupakan venture capital yang dibuat SoftBank bersama raksasa perusahaan lainnya.

Baca juga: Wow, Giliran Uber Akan Terima Miliaran Dolar dari SoftBank

Beberapa perusahaan yang tergabung di dalam Vision Fund antara lain Apple, Qualcomm, Foxconn, Sharp, serta Badan Pendanaan Investasi Publik Saudi Arabia yang tahun lalu bakal memberikan tambahan pendanaan hingga USD45 miliar.

Keterlibatan pihak Saudi Arabia tak lepas dari usaha Masayoshi Son, Founder dan CEO SoftBank, yang berhasil menarik minat wakil putra mahkota Saudi Arabia, Mohammed bin Salman.

Saat diwawancarai oleh Bloomberg, Son mengatakan bahwa jumlah investasi yang bakal dikucurkan melalui Vision Fund berkisar 20% dan 40%. Dengan dana tersebut, ia berambisi bakal menjadikan Vision Fund sebagai pemegang saham terbesar dan memiliki anggota terluas.

"Ini bukanlah pendanaan yang biasa. Mayoritas investasi kami akan berkisar antara 20% dan 40%, membuat kami menjadi pemegang saham dan anggota direksi terbesar, dalam mendiskusikan strategi bersama para pendiri," kata Son.

Sayangnya, tak diketahui seberapa besar peran SoftBank dalam sejumlah kesepakatan. Selain itu seberapa besar pendanaan yang dikumpulkan oleh Vision Fund juga tak pernah terungkap.

Baca juga: Dapat Investor Baru, Grab Salip Go-Jek dan Uber

Menurut laporan CNBC baru-baru ini, SoftBank berhasil mendapatkan nilai operasional sebesar USD4,33 miliar, atau naik sebesar 50,1% di kuartal pertamanya pada 2017. Keuntungan itu termasuk yang berasal dari Vision Fund.

Dua investasi Vision Fund yang pernah tercatat ialah pada Brain Corp (USD114 juta) dan Plenty (USD200 juta). Brain Corp merupakan perusahaan pembuat artificial intelligence untuk robot self-driving. Sementara Plenty adalah startup pertanian asal Silicon Valley, California.

Terlepas dari adanya Vision Fund, SoftBank sebenarnya telah menjelma sebagai perusahaan investor yang jeli. Menurut catatan Crunch Base, total investasi yang telah digelontorkan oleh SoftBank hingga saat ini ialah sebanyak 128 di 109 perusahaan. Selain itu SoftBank juga terhitung telah melakukan 19 akuisisi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini