DO YOU KNOW: Nih, Alasan Manusia Sering Mengalami Cegukan!

Afriani Susanti , Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017, 11:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 08 56 1751719 do-you-know-nih-alasan-manusia-sering-mengalami-cegukan-DYRV0zuN7P.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Semua orang di dunia pasti pernah mengalami cegukan. Banyak juga yang berpendapat bahwa cegukan sendiri disebabkan oleh kurangnya mengonsumsi air. Tidak heran, jika mengalami cegukan, Anda pasti diminta untuk meminum air supaya cegukan tersebut segera berhenti.

Dinukil dari berbagai laman oleh Okezone, cegukan sendiri adalah sebuah kontraksi tiba-tiba yang terjadi secara tidak sengaja pada diafragma, bahkan umumya terjadi secara berulang-ulang. Udara yang seketika lewat ke dalam paru-paru membuat glottis atau ruang antara pita suara menutup. Itulah yang menjadi penyebab adanya suara ‘hiks’, saat Anda mengalami cegukan.

Ada beberapa alasan yang membuat Anda mengalami cegukan. Beberapa alasannya seperti makan dan minum dengan cepat, begitu emosional, tertawa begitu keras, mengalami penyakit ginjal, batuk terlalu keras, sampai meminum air dingin usai menyantap makanan panas atau pedas.

Cegukan tersebut bisa dialami oleh semua orang di kalangan usia berapa pun, termasuk seorang bayi. Lamanya cegukan juga bervariasi, namun umumnya terjadi dalam beberapa menit saja. Nyatanya, cegukan juga disebabkan oleh emosi. Misalnya saja saat Anda sedang merasa gembira, sedih, hingga stres.

Tidak ada cara yang pasti untuk bisa menghentikan cegukan. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda coba agar cegukan yang dialami bisa berlangsung cepat dan tidak terlalu mengganggu. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan cegukan yakni dengan bernapas menggunakan kantong kertas, berkumur dengan air es, menahan napas, hingga menelan sedikit air dingin.

Cegukan yang terjadi secara terus-menerus akan mengganggu berbagai aktivitas Anda. Seperti mengganggu kenyamanan berbicara, menelan makanan dan minuman, hingga mengganggu waktu tidur Anda. Karena itulah, jika Anda mengalami cegukan yang agak parah dengan waktu yang relatif lama, ada baiknya Anda segera menghubungi dokter. Dengan begitu, cegukan yang Anda alami bisa segera tertangani dengan cepat. Bahkan di dunia ini, ada seorang perempuan asal Inggris yang mengalami cegukan selama delapan tahun. Dalam seharinya, Lisa Grave bisa mengalami cegukan sebanyak 100 kali. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini