Wow, Bulan Jadi 'Merah' Akibat Gerhana

Afriani Susanti , Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2017, 15:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 09 56 1752672 wow-bulan-jadi-merah-akibat-gerhana-Sd3p39bRdS.jpg Foto: Dok. Independent

 

JAKARTA – Tidak sedikit masyarakat dunia yang merasa senang untuk bisa menjadi saksi terhadap berbagai fenomena alam yang terjadi. Salah satunya seperti fenomena alam gerhana bulan yang baru saja terjadi. Hal menarik dari terjadinya gerhana bulan tersebut adalah warna bulan sendiri yang berubah menjadi ‘merah’. Perubahan warna tersebut merupakan refleksi dari cahaya pada atmosfer Bumi.

Baca juga: Terungkap! 4 Mitos Gerhana Bulan yang Tak Lekang Zaman

Dinukil dari laman Independent, seorang ahli astronomi melihat fenomena cahaya bulan yang spesial tersebut pada minggu ini. Bulan yang kala itu sedang mengalami gerhana bulan sebagian berubah menjadi warna merah pada permukaan bulan tersebut.

Pada Senin 7 Agustus 2017 malam, gerhana tersebut meninggalkan sekira 25% permukaan diameter bulan dan telah melewatinya, sehingga muncul sebuah bayangan yang terlihat dari Bumi. Bahkan bayanga tersebut juga banyak dilihat dari berbagai belahan dunia lainnya seperti Eropa, Asia, Australia, Afrika, sampai lautan India.

Baca juga: Fenomena Pink Moon Dapat Dilihat hingga 12 April

Pada permukaan bulan itu sendiri perlahan berubah menjadi merah. Sebagian gerhana yang terjadi pada Agustus 2017 justru membentuk gerhana total yang dikenal dengan Sturgeon Moon. Nama yang diberikan pada gerhana bulan total yang terjadi berasal dari suku asli Amerika awal yang kala itu memilik gelar Sturgeon pertama dari Great Lakes Amerika Utara.

Baca juga: Langit Jakarta Mendung, Gerhana Bulan Sulit Terlihat

Bagi masyarakat di Amerika Serikat, mereka memiliki kesempatan lainnya untuk bisa menyaksikan fenomena gerhana lainnya sebelum akhir Agustus. Pada 21 Agustus, siang dan malam akan terasa lebih gelap karena adanya gerhana bulan pada matahari. Hal tersebut tentu akan membuat temperatur juga naik hingga 15%. Hal ini juga akan menjadi gerhana pertama yang melintasi seluruh Amerika Serikat dalam 99 tahun.(afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini