Indahnya! Nih, Penampakan Berbagai Gerhana Bulan yang Terjadi di Bumi

Afriani Susanti , Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2017, 18:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 09 56 1752826 indahnya-nih-penampakan-berbagai-gerhana-bulan-yang-terjadi-di-bumi-apn5EZU2K6.jpg Foto: Dok. Space

JAKARTA – Fenomena alam memang begitu menarik untuk diperhatikan. Salah satunya fenomena gerhana bulan yang terjadi pada Senin 7 Agustus 2017. Dalam fenomena tersebut, terlihat sebuah bayangan Bumi yang menutupi sebagian bulan, sehingga membuat bulan terlihat hanya sebagian.

Baca juga: Terungkap! 4 Mitos Gerhana Bulan yang Tak Lekang Zaman

Dinukil dari laman Space, berikut ini deretan gerhana yang memiliki sejumlah penampakan indah, yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Apa saja?

Tipe Gerhana

Gerhana sendiri memiliki tiga tipe yang berbeda. Ada gerhana yang terjadi dengan menutupi semua bagian matahari, sehingga menutup semua cahaya yang biasanya dipancarkan ke Bumi. Kemudian ada juga gerhana bulan yang berusaha untuk menutupi matahari, namun tidak pada semua bagian. Yang paling terkenal adalah gerhana yang membentuk lingkaran.

Baca juga: Begini Kondisi Bulan Saat Gerhana Bulan Penumbra

Baily’s Beads

Ini adalah sebuah fenomena terjadinya gerhana total dan tahunan pada bulan. Fenomena ini biasanya terjadi hanya beberapa detik. Seorang Skywatching Columnist, Joe Rao, pernah mengatakan bahwa gerhana jenis ini memberikan efek kilauan selama beberapa menit sebelum terjadi secara total. Baily’s Beads dinamai oleh Sir Francis Baily, seorang astronomer yang telah memublikasikan observasinya pada 15 Mei 1836.

Baca juga: Ini Jadwal Gerhana Bulan Penumbra di Indonesia

Diamond Ring

Gerhana jenis ini akan menampilkan sebuah gerhana berbetuk lingkaran, dengan cahaya yang melesat layaknya diamond ring jika dilihat dari Bumi. Atmosfer pada matahari tersebut yang sedikit tidak tertutup dengan gerhana membentuk sebuah cahaya, sehingga bisa menampilkan fenomena diamond ring. Untuk melihat gerhana ini, sangat disarankan menggunakan proteksi mata, karena akan sangat berbahaya. Fenomena ini terjadi selama gerhana menutup matahari secara total.

Solar Corona & Promonences

Saat seluruh bagian matahari tertutup oleh bulan, bagian terluar dari matahari yang akan terlihat bersinar. Cahaya tersebut akan mengalir melalui bagian matahari, sehingga saat gerhana tersebut terjadi di bagian pinggir, terdapat cahaya yang berkilauan. Selain itu, ada momen di mana matahari menjulurkan lidah api, sehingga terlihat seperti cahaya yang mecuat keluar. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini