Nih Asal Usul Alfabet dan Bahasa Tertulis Tertua di Dunia

Dini Listiyani, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017, 02:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 09 56 1752898 nih-asal-usul-alfabet-dan-bahasa-tertulis-tertua-di-dunia-rx7OgzCeGu.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Berbagai sistem penulisan telah ditemukan oleh peradaban besar dunia. Salah satunya dikenal dengan tulisan abjad atau alfabet.

Jenis tulisan ini ditandai dengan seperangkat huruf standar, yang masing-masing mewakili suara dasar penting bahasa lisan. Contoh sistem penulisan alfabet meliputi alfabet Latin, alfabet Arab, dan alfabet Cyrilic.

Sebelum Alfabet

Lantaran alfabet memainkan peran penting di dunia saat ini, ternyata sistem penulisan tersebut belum ada sejak awal peradaban. Untuk menggambarkan hal ini, di Mesopotamia yang dianggap sebagai peradaban tertua di dunia, sistem penulisan dikenal sebagai skrip runcing yang ditemukan oleh orang Sumeria menjelang akhir adab ke-4 sebelum Masehi (SM).

Asal alfabet telah dilacak ke Mesir kuno. Pada saat itu, orang Mesir menggunakan hieroglif. Sistem ini terdiri dari kedua logogram (huruf/simbol/tanda yang dapat digunakan untuk mewakili keseluruhan kata) dan fonem.

Sistem abjad paling awal sendiri didasarkan pada hieroglif Mesir. Sistem yang diberi nama 'Proto-Sinaitic' ini, diperkirakan telah dikembangkan pada abad ke-19 SM oleh pekerja Kanaan yang tinggal di Semenanjung Sinai, atau pada abad ke-15 SM oleh pekerja Semit yang tinggal di Mesir Tengah.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini