Wow! 50 Juta Orang Indonesia Senang Belanja Online

Dini Listiyani, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017, 10:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 10 207 1753147 wow-50-juta-orang-indonesia-senang-belanja-online-IpkzRZazzm.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Sebanyak 50 juta orang di Indonesia senang melakukan belanja online. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

Berkat kemajuan teknologi, melakukan segala sesuatu menjadi lebih mudah, termasuk berbelanja. Anda kini tak perlu lagi pergi ke toko fisik untuk membeli barang seperti baju atau makanan, cukup memesan barang secara online.

"Seperti belanja online 50 juta orang jadi seper lima penduduk Indonesia sudah terpapar melakukan belanja orang," imbuh dia

 (Baca juga: Tren Bisnis 2017 di Media Sosial)

Angka tersebut dirasa cukup besar, namun ia menegaskan hal itu bukan dilihat dari segi transaksi, akan tetapi lebih kepada kebiasaan masyarakat yang mulai beralih dari belanja offline ke online.

"Kita tidak bicara satu transaksi selesai, ada yang menjadi kebiasaan misalnya pesan taksi pakai Uber, pesan makanan pakai Go-Jek, plus belanja online yang lain. Ada saudara saya yang saya tahu even beli baju tidak pernah ke mall. Dia hobinya nyoba dari satu online ke online lain, online Indonesia. Dan itu sudah jadi kebiasaan," jelasnya.

Besarnya jumlah belanja online itu tentu saja tak lepas dari perkembangan internet di Indonesia. Bahkan, menurut data riset dari We Are Social sendiri menyebutkan bahwa Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet terbesar di dunia.

Pada 2017 saja, pengguna internet di Indonesia sudah ditaksir mencapai sekira 132,7 juta dan sebanyak 69% masyarakat di Indonesia masih mengandalkan perangkat mobile untuk mengakses internet dan sisanya melalui desktop dan tablet.

 (Baca juga: Tergiur Belanja Online, Perempuan Ini Curi USD290 dari Kantornya)

Pemerintah sendiri saat ini terus menggenjot pemerataan penyebaran internet di Indonesia melalui program Palapa Ring, sehingga seluruh masyarakat Indonesia bisa merasakan internet.

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini