Makin Aman! Google Siapkan Play Protect

Fellix Aditya, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017, 18:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 10 207 1753512 makin-aman-google-siapkan-play-protect-pgI4SBaeo8.jpg (Foto/Ilustrasi: Android Police)

CALIFORNIA – Google sebelumnya diketahui akan menghadirkan Google Play Protect. Hal ini disampaikan saat penyelenggaraan I/O yang telah berlangsung beberapa bulan lalu. Beberapa beta tester pun telah diperlihatkan dengan Google Play Protect ini, namun tampaknya fitur tersebut akan hadir secara lambat kepada para pengguna Android lainnya.

Dilansir Phone Arena, Kamis (10/8/2017), Google Play Protect ini pada dasarnya adalah alat sebagai penangkal malware (anti-malware). Play Protect ini akan memonitor perilaku aplikasi yang ada di perangkat Android dan akan memberikan sebuah ‘tamparan keras’ jika aplikasi tersebut mencoba melakukan sesuatu yang dianggap mengancam perangkat. Untuk sekarang, Play Store memiliki beberapa tingkat pemindaian, dan Play Protect ini akan meningkatkan sedikit ke tingkat yang lebih tinggi.

Layanan baru yang akan dihadirkan oleh Google untuk para pengguna Android ini bukan hanya sebagai pemindai ‘hantu’ yang memeriksa aplikasi yang ada di Play Store. Setelah Play Protect hadir di perangkat, pengguna akan melihat ikon Play Protect hadir dan akan memperoleh laporan dari Play Protect.

Play Protect akan tinggal di dalam aplikasi Play Store dan secara berkala akan memindai aplikasi di perangkat pengguna, dan membandingkan aplikasi yang sama tersebut dengan perangkat lainnya untuk melihat apakah ada perbedaan perilaku di dalam aplikasi antara perangkat satu dengan yang lain. Jika Play Protect menemukan sesuatu yang tidak biasa di dalam aplikasi, pengguna akan diberikan peringatan dan akan diminta untuk menghapus aplikasi tersebut. Pengguna juga dapat melakukan pemindaian sesuai permintaan dari tab Play Protect di menu slide-over Play Store.

Play Protect juga akan memindai 50 juta aplikasi per hari di Play Store, dan memberikan tanda sebagai aplikasi yang terverifikasi aman dengan sebuah lencana hijau, sehingga pengguna dapat mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut tanpa rasa khawatir.

Alat keamanan baru ini juga akan hadir tanpa terlihat di peramban Chrome Mobile yang akan memantau situs web yang pengguna kunjungi. Jika ditemukan sesuatu yang mencurigakan di dalam situs tersebut, Chrome akan memberikan tanda berupa bendera merah yang berarti ada hal yang mencurigakan dan sesuatu yang salah di dalam situs tersebut.

Selain itu, fitur ‘find my device’ yang dihadirkan oleh Android tampaknya akan beralih menjadi bagian Play Protect. Pun begitu, tidak terlihat adanya perbedaan yang dihadirkan selain pindahnya fitur tersebut ke Play Protect ini. (flx)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini