Benarkah Dahulu Bulan Dapat Dihuni Manusia? Ini Penjelasan Ilmuwan

Riani Angle Agustine, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017, 07:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 10 56 1753704 benarkah-dahulu-bulan-dapat-dihuni-manusia-ini-penjelasan-ilmuwan-pEwFZHhiCn.jpg (Foto: NASA)

NEW JERSEY - Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa Bulan pernah memiliki medan magnet yang sangat mirip dengan Bumi. Peneliti menemukan bahwa medan magnet Bulan berlangsung antara 1 miliar sampai 2,5 miliar tahun yang lalu, lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, Kamis (10/8/2017), para peneliti dari Rutgers University di New Jersey telah mempelajari sebuah batu bulan yang dibawa ke Bumi selama misi luar angkasa Apollo 12 pada 1971 untuk meneliti medan magnet Bulan.

"Medan magnet Bumi adalah perisai yang melindungi kita dari partikel angin Matahari yang berbahaya dan radiasi pegion, sehingga medan magnet memainkan peran kunci dalam habitabilitas planet dan mungkin Bulan itu sendiri," ungkap Dr Sonia Tikoo.

Ia juga menambahkan, tanpa adanya perisai atau medan magnet tersebut, mungkin Bumi akan memiliki banyak radiasi dan manusia akan memiliki banyak mutasi. Medan magnet sendiri dihasilkan dari inti Bulan dan planet, dan batuan dapat merekam medan magnet yang mereka miliki.

Batu Bulan yang dianalisis tersebut dikumpulkan dari tepi selatan Duni Creater di bagian timur Mare Imbrium. Batuan tersebut dilapisi dengan kaca meleleh, yang kemungkinan terbentuk karena dampak dari meteor di Bulan.

Para peneliti menggunakan Magnetometer batuan, yaitu perangkat yang dapat mengukur kekuaran dan arah medan magnet. Hasilnya menunjukkan bahwa medan magnet Bulan menurun sekira 90% dari titik tertinggi 3,56 miliar tahun yang lalu.

Pada saat itu, medan magnet Bulan memiliki kekuatan yang sama dengan Bumi sekira 50 microtesla. Namun, batuan lunar yang diuji tersebut sudah berumur 1 sampai 2,5 miliar tahun tersebut hanya memiliki 5 microtesla.

Saat ini, Bulan tidak memiliki medan magnet yang dihasilkan inti, dan para ilmuwan tidak yakin apakah medan magnet di Bulan akan muncul kembali. Ketika sebuah medan magnet planet tidak ada atau mati, partikel pengionisasi dari Matahari dapat menyebabkan hilangnya air selama ratusan juta tahun.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini