Mantap! Apple Didesak Tiru Google Terapkan Fitur 'Penyelamat Nyawa'

Fellix Aditya, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017, 17:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 11 207 1754096 mantap-apple-didesak-tiru-google-terapkan-fitur-penyelamat-nyawa-aY86fxhosX.jpg (Foto/Ilustrasi: Reuters)

CALIFORNIA – Perangkat smartphone yang beredar saat ini dibekali dengan GPS built-in di dalam perangkat mereka yang memungkinkan untuk mengetahui lokasi perangkat smartphone tersebut. Fitur ini dihadirkan oleh smartphone baik yang menggunakan sistem operasi Android besutan Google ataupun iOS besutan Apple.

Pada perangkat iPhone ini, built-in GPS ini juga berguna untuk aplikasi yang telah dibuat oleh perusahaan untuk perangkat smartphone mereka seperti fitur Find My Phone, Find My Friends, dan sebagainya. Fitur-fitur tersebut juga diketahui telah menyelamatkan nyawa dan menemukan orang-orang yang menjadi korban penculikan.

Meskipun fitur-fitur tersebut adalah fitur yang hebat, namun fitur tersebut masih belum terlalu sempurna. Hal itu lah yang menyebabkan organisasi layanan darurat diseluruh dunia tengah mendesak Apple untuk menerapkan fitur lokasi di iPhone mereka yang akan memiliki potensi lebih besar untuk menyelamatkan nyawa para penggunanya. Dilansir dari Ubergizmo, Jumat (11/8/2017), fitur ini akan bernama Advanced Mobile Location atau disingkat AML. Fitur ini akan dibangun di dalam jaringan operator yang dapat menunjukkan lokasi orang yang melakukan panggilan darurat dengan sangat akurat.

Dengan fitur ini, panggilan darurat yang dilakukan akan membuat GPS dan wifi di dalam perangkat mobile secara otomatis mengirimkan lokasi yang tepat ke layanan darurat. Fitur ini berguna pada pengguna yang ingin menerima bantuan melalui telefon namun tidak mengetahui lokasinya saat itu, seperti saat pengguna tersesat saat sedang melakukan kegiatan hiking di hutan atau pada saat mereka menjadi korban penculikan dan tidak tahu lokasi mereka disekap. Selain itu, fitur ini dapat memberitahukan lokasi kepada layanan darurat sekalipun berada dalam sebuah ruangan khusus dalam gedung.

The European Emergency Number Association atau Asosiasi Nomor Darurat Eropa sebenarnya telah mengulurkan tangan kepada Apple dan juga Google untuk menerapkan fitur yang dapat menyelamatkan nyawa penggunanya ini. Google telah menerapkannya di perangkat dengan sistem operasi Android mereka pada 2016, sedangkan Apple tidak memberikan respons sama sekali. Tidak jelas mengapa Apple tidak menerapkan fitur ini di iPhone mereka, namun sebuah kabar menyebut bahwa hal-hal yang terkait dengan privasi yang menjadi alasannya. (flx)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini