Penjualan Melemah, Spectacles Mulai Ditinggal Konsumen, Apa yang Salah?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017, 20:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 11 207 1754267 penjualan-melemah-spectacles-mulai-ditinggal-konsumen-apa-yang-salah-sdmCAYBw4E.jpg (Foto: Tech Crunch)

JAKARTA - Kacamata Spectacles mengalami pelemahan di pasaran. Jumlah penjualan perangkat tersebut dilaporkan menurun di kuartal kedua (Q2) 2017 sebanyak 35%.

Sebelumnya Snap Inc dilaporkan sanggup menjual Spectacles sebanyak 64.000 unit dengan nilai keuntungan sebesar USD8,3 juta di kuartal pertamanya. Sedangkan di Q2 jumlahnya menyusut menjadi 41.500 unit atau mendapat keuntungan USD5,4 juta.

Sebagaimana dikutip dari Tech Crunch, Jumat (11/8/2017), Snap Inc sebenarnya telah mulai menjual kacamata uniknya itu ke beberapa toko online. Namun hingga di periode kuartal ketiga, penjualannya tak kunjung membaik.

Baca juga: Fitur Ditiru Facebook, CEO Snapchat: Tetap Fokus untuk Hadirkan Produk Terbaik dan Berinovasi

Tak hanya itu, induk perusahaan dari media sosial Snapchat itu pula telah melakukan pemasaran yang cukup unik, yakni dengan menjualnya di mesin penjualan otomatis (vending machine) di kawasan Eropa.

Artinya dari total penjualan perangkat Spectacles sebanyak 41.500 unit, Snap Inc telah melakukan beragam upaya agar produknya itu bisa diterima di pasaran.

Dengan adanya penurunan ini, Snap Inc kemungkinan membutuhkan inovasi yang radikal. Misalnya saja, menambahkan teknologi lanjutan augmented reality (AR) atau menjual kamera unik lainnya.

Hal itu dimungkinkan dengan adanya akuisisi yang baru-baru ini dilakukan oleh Snap Inc. Perusahaan yang dikepalai oleh Evan Spiegel itu baru saja membeli produsen drone Zero Robotics.

Zero Robotics merupakan perusahaan yang berbasis di China dan resmi diakuisisi hari ini, menurut sumber terpercaya. Nilai akuisisi yang disepakati kabarnya mencapai USD150 juta hingga USD200 juta.

Baca juga: Mantap! 'Dilirik' Google, Saham Snapchat Merangkak Naik

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini