Cie... Di Tengah Kasus Gender, Bos Google 'Rayu' Programmer Perempuan

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017, 21:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 11 207 1754322 cie-di-tengah-kasus-gender-bos-google-rayu-programmer-perempuan-ArM0NR5oeJ.jpg (Foto: Ilustrasi/Twitter)

JAKARTA - Setelah membatalkan rapat yang membahas soal permasalahan gender, CEO Google, Sundar Pichai, mengejutkan para perempuan yang berdatangan ke markas Google di Mountain View, California.

Mereka mendatangi markas Google untuk menghadiri acara coding (pemrograman) yang bertempat di Campus Google, Googleplex. Sundar Pichai hadir untuk menyapa mereka sekaligus memberikan pidato sambutan.

Saat memberikan sambutan itu, Pichai diketahui mencoba untuk 'merayu' para peserta. Ia mengatakan bahwa Google selalu terbuka bagi para programmer perempuan dan selalu ada tempat bagi mereka di dalam industri teknologi.

Baca juga: Google Tersandung Isu soal Gender, Kenapa?

"Saya ingin mengatakan kepada kalian, ada tempat untuk kalian di Industri ini. Ada tempat untuk kalian di Google. Jangan sampai orang lain mengatakan yang sebaliknya. Kalian (bisa) berada di sini dan kami membutuhkan kalian," kata Pichai dikutip dari Fortune, Jumat (11/8/2017).

"Sehingga sangat penting bagi kaum perempuan dewasa dan remaja untuk memiliki kesempatan berpartisipasi dalam (industri) teknologi untuk belajar, untuk coding, menciptakan (produk) dan berinovasi," imbuh Pichai.

Acara itu sendiri merupakan sebuah penghargaan yang digelar untuk mengapresiasi programmer perempuan muda yang berasal dari seluruh dunia. Mereka telah melakukan kompetisi selama beberapa bulan yang melibatkan tim pengembang dari divisi aplikasi untuk menyelesaikan beragam masalah di tengah masyarakat.

Baca juga: Waduh! Ungkap Perbedaan Gender, Google Pecat Karyawannya

Apa yang diungkapkan oleh Pichai tersebut merupakan pembahasan yang berkaitan dengan masalah gender di tubuh Google. Sebelumnya, seorang teknisi Google bernama James Damore membuat memo yang berisi cibiran mengenai perbedaan gender antara perempuan dan laki-laki di industri teknologi.

Dalam memo yang disebar kepada karyawan Google lainnya itu, Damore beranggapan bahwa kaum Hawa tak memiliki kemampuan yang setara dengan laki-laki karena faktor perbedaan biologis. Atas argumennya itu, ia pun akhirnya dipecat oleh Sundar Pichai pada Senin 7 Agustus 2017.

Pichai sebenarnya memiliki rapat internal yang akan membahas permasalahan tersebut pada Kamis 10 Agustus 2017. Namun ternyata ia memilih hadir di tengah acara penghargaan tersebut dan membatalkan rapat besarnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini