DO YOU KNOW: Kenapa Bulan Selalu Mengikuti Bumi, Nih Penjelasannya!

Afriani Susanti , Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017, 19:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 11 56 1754221 do-you-know-kenapa-bulan-selalu-mengikuti-bumi-nih-penjelasannya-9NDOmMP08C.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Sejak kecil kita sudah belajar bahwa bulan adalah satelit yang dimiliki Bumi. Sehingga Bulan pun akan terus mengikuti Bumi. Tapi, apakah Anda tahu apa yang membuat Bulan itu bisa terus dekat dengan Bumi?

Dinukil dari berbagai laman oleh Okezone, keberadaan bulan yang selalu mengikuti Bumi disebabkan oleh adanya daya tarik menarik. Bulan sendiri juga memiliki daya untuk menjauh dari Bumi, sehingga bulan juga tidak akan menabrak Bumi.

Baca juga: DO YOU KNOW: Burung, Berkicau di Pagi Hari, Nih Penjelasannya!

Dengan adanya daya tarik menarik tersebut maka terciptalah keseimbangan. Hal itu yang membuat Bumi dan bulan bisa terus berdekatan dan tidak terpisahkan. Bulan sendiri sebenarnya tidak diam, karena bulan melakukan rotasi dengan mengelilingi Bumi. Selain mengelilingi Bumi, bulan juga ikut mengelilingi matahari.

Diamater bulan sebesar 3.457 km serta bulan juga bergerak untuk mengelilingi Bumi dengan kecepatan rata-rata 1.022 km per jamnya. Meskipun sudah berputar dengan kecepatan yang tinggi, tetap saja bulan terlihat diam saja tanpa bergerak.

Baca juga: DO YOU KNOW: Ini Loh.. Alasan Air Mata Keluar saat Kita Sedang Sedih

Manusia yang ada di Bumi tidak bisa melihat bahwa bulan sedang bergerak dengan kecepatan yang besar karena jarak bulan sendiri yang jauh dari pandangan manusia. Hal itu sangat berbeda, jika kita memerhatikan berbagai objek di depan kita yang bergerak begitu cepat dan kita bisa mendapati objek itu begerak cepat.

Namun bulan, jaraknya yang begitu jauh dari pandangan manusia, tidak akan mampu tertangkap oleh mata manusia bahwa bulan sedang bergerak. Sehingga seolah-olah bulan bergerak lambat bahkan tidak bergerak sedikit pun.

 

Baca juga: DO YOU KNOW: Nih, Rahasia Kekuatan Besar yang Berasal dari Alam Bawah Sadar

Hal ini juga yang terlihat saat Anda sedang menaiki pesawat terbang. Anda akan merasa bahwa pesawat yang Anda naiki terbang begitu lambat. Namun sebenarnya, pesawat Anda sedang terbang dengan kecepatan yang begitu tinggi. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini