Techno of The Week: Blokir Dibuka, Nih Cara Login Telegram di PC

Sabtu 12 Agustus 2017, 07:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 11 92 1754383 techno-of-the-week-blokir-dibuka-nih-cara-login-telegram-di-pc-T7y7vjxlSs.jpg (Foto: The Verge)

JAKARTA - Telegram sempat diblokir bulan lalu di Tanah Air karena dianggap mengandung unsur radikalisme, namun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya membuka blokir Telegram versi website Kamis, 10 Agustus 2017.

Ya, layaknya WhatsApp, Telegram juga memiliki versi website yang bisa digunakan di PC atau desktop. Untuk menggunakan versi Telegram di website caranya pun hampir sama dengan WhatsApp.

Pertama, pengguna perlu mengakses https://web.telegram.org. Berbeda dengan WhatsApp yang meminta pengguna memasukkan kode QR, Telegram versi website justru meminta pengguna untuk memasukkan nomor telefon dan memberikan kode verifikasi.

Kode verifikasi yang dikirimkan via SMS itu bisa dipakai login Telegram di desktop. Cara yang sama ini juga bisa dilakukan di browser mobile.

Pengguna tinggal melakukan langkah-langkah seperti pada versi desktop dan login Telegram tanpa perlu install aplikasi tersebut. Hal ini berbeda dengan WhatsApp yang memerlukan pengguna untuk menginstal aplikasi WhatsApp di perangkat mobile mereka.

Seperti diketahui, Telegram versi website sempat diblokir oleh Kominfo karena diduga mengandung unsur radikalisme dan terorisme. Langkah Kominfo tersebut rupanya mendapat tanggapan dari sang pemilik layanan Pavel Durov, yang akhirnya bertandang ke Indonesia.

Buah dari pertemuan itu, Telegram mengatakan bahwa ia akan membuat tim untuk melancarkan komunikasi demi memberangus konten negatif yang ada di platform-nya.

Tak lama dari pertemuan antara Kominfo dengan Pavel, Kominfo akhirnya membuka blokir Telegram versi website. "Kominfo diberi jalur khusus untuk meng-address konten negatif, khususnya di Telegram. Dengan progress yang dikerjakan bersama-sama Telegram, dikerjakan oleh Kominfo dan tim dari Telegram, hari ini webnya dibuka kembali," kata Rudiantara di Kemenkominfo.

Adapun DNS yang dibuka berjumlah 11 yakni Domain Name System (DNS) milik Telegram meliputi t.me, telegram.me, telegram.org, core.telegram.org, desktop.telegram.org, macos.telegram.org, web.telegram.org, venus.web.telegram.org, pluto.web.telegram.org, flora.web.telegram.org, dan flora-1.web.telegram.org.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini