Techno Trick: Jangan Panik! Lakukan Ini saat Ponsel Anda Tidak Dapat Di-Charge

Riani Angle Agustine, Jurnalis · Sabtu 12 Agustus 2017, 10:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 12 92 1754508 techno-trick-jangan-panik-lakukan-ini-saat-ponsel-anda-tidak-dapat-di-charge-Mrp9S8fF0y.jpg (Foto: Digital Trends)

JAKARTA - Saat ini setiap orang tidak bisa terlepas dari ponselnya. Hal itu membuat pengguna ponsel harus berdekatan dengan sumber listrik supaya bisa mengisi baterai ponsel yang habis.

Ada kalanya ponsel tidak menerima pengisian baterai yang akhirnya membuat pengguna kesal, terlebih lagi ketika dalam keadaan penting. Dilansir dari Androidauthority.com, Jumat (11/8/2017), beberapa langkah bisa dilakukan ketika Anda menemukan bahwa ponsel Anda tidak dapat melakukan pengisian daya.

Cek Perangkat Pengisian Baterai

 

Sebelum lanjut pada langkah yang lebih rumit, Anda dapat memeriksa kabel pengisian daya yang biasa digunakan. Kabel pengisian daya sejauh ini merupakan masalah pengisian baterai yang paling umum, hal tersebut terjadi karena kesalahan pada cara pemakaian, pencabutan kabel, dan juga penyimpanan.

Anda bisa juga memeriksa adaptor pengisian baterai. Hal ini juga sering tidak berfungsi akibat penggunaan kabel yang tidak sesuai. Cara termudah untuk memeriksa kedua perangkat tersebut adalah dengan menyambungkan ke perangkat lain dan melihat apakah terjadi pengisian daya. Jika tidak berfungsi Anda harus mengganti kedua perangkat tersebut.

Port USB

Setelah memeriksa kabel dan adaptor pengisian daya dan tidak ditemukan kerusakan, mungkin Anda bisa memeriksa port USB ponsel. Seringkali masalah ponsel yang tidak bisa melakukan pengisian daya terjadi karena konektor logam kecil pada port USB tidak pada posisi yang benar karena penggunaan yang salah pada pengisian baterai sebelumnya.

Untuk memperbaiki port USB, matikan ponsel Anda terlebih dahulu, lepaskan baterai kemudian ambil pin atau tusuk gigi kecil untuk meluruskan konektor logam tersebut . Pastikan jangan melakukan hal tersebut terlalu kasar atau Anda dapat merusak konektor. Jika terlalu takut pergi ke service center atau tempat yang memiliki keahlian khusus untuk memperbaikinya.

Perhatikan Software

 

Perubahan pada perangkat lunak yang berjalan pada ponsel Anda memiliki efek lebih besar pada masa pemakaian baterai. Versi baru dari perangkat lunak umumya dapat mengoptimalkan penghematan baterai, sedangkan ponsel lama terkadang tidak dapat mengikuti sistem perangkat lunak terbaru.

Jika Anda melihat masalah pengisian baterai bersamaan dengan waktu ketika upgrade perangkat lunak, mungkin Anda perlu beralih ke versi yang lebih lama. Meskipun perlu diingat bahwa penginstalan versi terbaru pada perangkat lunak membantu ponsel menjadi lebih aman, tetapi ada banyak sistem pengaman yang bisa digunakan untuk melindungi ponsel.

Matikan Perangkat

Jika Anda sering menggunakan ponsel dalam keadaan pengisian baterai, mungkin ponsel tidak melakukan pengisian dengan maksimal sehingga terlihat seperti tidak melakukan pengisian. Coba untuk mematikan ponsel sesaat untuk bisa mengisi daya dengan cepat, atau bisa menggunakan "Airplane Mode" sebagai gantinya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini