Google Ungkap Nama Android O saat Gerhana Matahari, Benarkah?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 13 Agustus 2017, 18:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 13 207 1755149 google-ungkap-nama-android-o-saat-gerhana-matahari-benarkah-SyNjF7zBRw.jpg (Foto: Android Authority)

CALIFORNIA - Google kabarnya bersiap-siap untuk meluncurkan Android O. Sebelum nama Android O diungkap secara resmi, telah muncul spekulasi seperti Oreo, orange creamsicle, oatmeal cookie dan nama lainnya dengan huruf 'O' di depan.

Dilansir Mashable, Minggu (13/8/2017), David Ruddock dari Android Police mengungkap melalui tweets bahwa Google tampaknya akan mengumumkan nama resmi dari sistem operasi baru mereka pada 21 Agustus 2017.

Seperti diketahui, 21 Agustus 2017 merupakan hari di mana fenomena Gerhana Matahari diprediksi akan terjadi. Pada tanggal ini, Google konon menyiapkan rencana untuk merayakan momen tersebut.

Sekadar informasi, beberapa fitur terbaru dari Android O antara lain adalah Picture-in-Picture, Hi-Fi Bluetooth Audio, Adaptive Icons, dan Smart Text Selection. Masih ada beberapa fitur lainnya yang hadir pada Android O, namun fitur yang telah disebutkan di atas adalah fitur-fitur yang paling menarik dan paling berguna saat hadir resmi di Android O nantinya.

Picture-in-Picture akan memungkinkan pengguna melihat dua layar tampilan dalam satu layar. Tampilan kedua tersebut juga dapat diatur agar lebih kecil dibandingkan dengan tampilan utamanya yang mengisi seluruh layar. Hal ini akan berguna untuk melakukan dua kegiatan sekaligus seperti saat sedang menonton video Youtube sembari membalas pesan dari seseorang.

Lalu ada fitur Hi-Fi Bluetooth Audio. Fitur ini akan membuat suara yang dikeluarkan oleh headset atau speaker Bluetooth menjadi jauh lebih bagus dibandingkan tanpa fitur terbaru ini. Dalam hal ini, Google telah bekerja sama dengan Sony untuk meningkatkan kualitas streaming audio melalui Bluetooth. Ini dapat terjadi berkat penerapan LDAC buatan Sony di Android O.

Kemudian ada fitur Adaptive Icons, mungkin terdengar sepele, namun hal ini akan membuat tampilan Android penggunanya semakin menarik dan enak dilihat. Fitur ini akan membuat semua ikon aplikasi dibentuk menjadi sebuah bentuk yang seragam.

Dan yang terakhir adalah Smart Text Selection. Fitur ini akan memungkinkan pengguna melakukan sebuah ‘action’ dengan lebih cepat. Misalnya seperti saat terdapat nomor telefon di teks tertentu, pengguna dapat menekan nomor telefon tersebut dan kemudian smartphone akan memberikan pilihan untuk melakukan panggilan kepada nomor tersebut. Jika terdapat sebuah alamat, smartphone akan memberikan pilihan untuk menelusuri alamat tersebut menggunakan aplikasi Google Maps.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini