Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bermain Media Sosial Bisa Jadi Tanda Seseorang Cerdas, Lho!

Afriani Susanti , Jurnalis · Senin 14 Agustus 2017 13:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 14 207 1755425 bermain-media-sosial-bisa-jadi-tanda-seseorang-cerdas-lho-UOCqxXBkZK.jpg Foto: Dok. Indy 100

MOSKOW – Banyak kekhawatiran yang mengintai masyarakat jika penggunaan media sosial secara berlebihan bisa berbahaya. Tidak jarang, banyak orang yang menghindari penggunaan media sosial secara berlebihan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Baru-baru ini sebuah penelitian dari National Research University Higher School of Economics di Moscow yang dilakukan oleh Ivan Smirnov memberikan sebuah fakta mengejutkan. Dalam penelitian tersebut, ditemukan dalam bahwa penggunaan media sosial bagi seseorang bisa membuat mereka cerdas.

 

Baca juga: Fenomena Kampanye Online Kerap Terjadi di Media Sosial?

Di Rusia sendiri ada lebih dari satu juta orang menggunakan situs media online yang disebut dengan VK lebih dari sembilan tahun lamanya. Dari sebuah analisis yang dilakukan tersebut, Ivan menemukan bahwa mereka yang menghabiskan waktu untuk mem-posting status akan mulai menggunakan bahasa yang lebih kompleks. Demikian seperti dinukil dari laman Indy100.

 

Baca juga: Sejarah Lahirnya Hari Media Sosial

Tidak hanya itu, Ivan juga menemukan sebuah temuan terbaru dari analisis yang dilakukannya. Bahasa yang biasanya banyak di-posting melalui media online bisa terus-menerus meningkat.

Dalam paper yang dibuatnya dikatakan bahwa hal ini tidak bisa dijelaskan dari segi usia itu sendiri. Karena banyaknya pengguna media sosial berusia 15 tahun pada 2016 jauh lebih kompleks, jika dibandingkan dengan pengguna media sosial pada 2008.

“Temuan kami menyatakan agar media sosial tidak hanya bisa menyebabkan degradasi bahasa,” ungkap Ivan Smirov.

Baca juga: Dengan Berbagai Alasan, Negara Ini Blokir Situs-Situs Terkenal Ini

"Namun juga gunakan kesempatan ini bagi para pengguna media sosial untuk mengubah cara berbahasa mereka dengan lingkungan seperti ini. Dengan begitu, mereka bisa menghasilkan teks yang lebih canggih dari tahun-tahun sebelumnya,” tukasnya. (afr)

(kem)

Berita Terkait

Fenomena Media Sosial

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini