DO YOU KNOW: Kenapa Air di Bumi Tidak Pernah Habis, Nih Alasannya!

Afriani Susanti , Jurnalis · Rabu 16 Agustus 2017 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 16 56 1757346 do-you-know-kenapa-air-di-bumi-tidak-pernah-habis-ZSdCaJq2vn.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Hampir sebagian besar Bumi diselimuti oleh lautan yang berisi air. Sebab, sumber kehidupan semua makhluk hidup yang ada di Bumi berasal dari air. Namun apakah Anda pernah berpikir, setiap air yang selalu digunakan oleh makhluk hidup yang ada di dunia, tidak membuat air habis? Bahkan air yang ada di Bumi terlihat tidak pernah berubah.

Baca juga: DO YOU KNOW: Nih, Alasan Kawasan Kutub Membeku

 

Dinukil dari berbagai sumber oleh Okezone, berikut ini alasan mengapa air di bumi tidak pernah habis meskipun sudah digunakan oleh banyak masyarakat. Pada dasarnya, salah satu hal yang menyebabkan air di Bumi tidak bisa habis adalah adanya siklus air.

Terjadi proses di mana turunnya air (H20) yang terjadi di atmosfer ke Bumi, lalu air tersebut kembali lagi ke atmosfer. Peristiwa inilah yang disebut dengan siklus air (water cycle). Hal ini yang membuat kondisi air yang ada di Bumi berputar dan tidak akan habis.

Baca juga: DO YOU KNOW: Nih, Alasan Manusia Sering Mengalami Cegukan!

Matahari sebagai sumber energi panas memiliki peran yang penting dalam siklus tersebut. Dalam siklus air terdapat beberapa aktivitas seperti evaporasi, yang merupakan proses penguapan yang berasal dari laut. Penguapan ini terjadi dengan hanya menyerap kandungan pelarut (air/H2O). Hal tersebut menyebabkan zat yang terlarut memiliki konsentrasi yang tinggi. Selain itu, penguapan yang terjadi juga berasal dari permukaan bentangan air.

Kadar garam yang terdapat pada air laut sendiri menambah proses terjadinya evaporasi yang semakin tinggi. Sehingga, uap air laut menuju ke atas. Uap yang berkumpul di atas dari air laut tersebut akhirny amenjadi titip awan di langit. Semakin banyaknya awan yang ada, mereka akan terus menggumpal dan mengalami titik jenuh sehingga mengalami kondensasi. Akhirnya, air tersebut berubah dan diturunkan dalam bentu air hujan.

Baca juga: DO YOU KNOW: Kenapa Bulan Selalu Mengikuti Bumi, Nih Penjelasannya?

Air hujan itu kemudian membasahi permukaan bumi. Air hujan yang jatuh nantinya akan dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai aktivitas. Selain itu, air hujan yang turun juga akan terserap ke dalam permukaan tanah. Hal ini yang selalu terjadi pada kondisi air yang ada di Bumi, sehingga jumlah air tidak pernah habis. (afr)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini